Kompas.com - 16/03/2015, 15:34 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif – Untuk para eksekutif, pilihan kendaraan premium sebagai teman keseharian cukup beragam. Selain MPV, sedan masih menjadi simbol status dan kemewahan. Kendati demikian, tak hanya eksklusif, bertenaga dan irit bahan bakar bisa menjadi nilai lebih.

Apa yang ditawarkan PT Toyota Astra Motor (TAM) dengan Camry Hybrid adalah salah satu contoh kejelian melihat segmen ini. Kenyamanan dan eksklusivitas Camry yang teruji masih menjadi senjata untuk menggaet lebih banyak konsumen. Namun yang patut disoroti dalam hal ini adalah teknologi dan efisiensi.

Camry Hybrid mengadopsi teknologi Hybrid Synergy Drive (HSD), penyempurnaan dari Toyota Hybrid System (THS). Dua sumber tenaga, mesin berbahan bakar bensin dan motor listrik dikombinasikan secara pintar demi mencapai efisiensi maksimal.

Ada lima perintah yang diatur HSD agar tercapai efisiensi penggunaan energi. Berikut urutannya:

1. Mobil menyala pertama kali, hanya motor elektrik yang akan bekerja. Tak heran jika saat dinyalakan, penumpang tak mendengar sama sekali deru mesin, karena memang motor listrik tak mengeluarkan bunyi-bunyian.

2. Berkendara normal, dua sumber tenaga akan bersamaan digunakan. Saat mobil berjalan pada kecepatan lebih dari 20 kpj, HSD menggunakan mesin bensin.

3. Meski sanggup bekerja secara individual, kedua energi tersebut juga mampu bekerjasama untuk efisiensi maksimal. Hal ini dibuktikan saat mesin melaju kencang, dua-duanya akan saling mengisi demi efisiensi maksimal.

4. Saat deselerasi, kedua sumber energi dimatikan, sehingga momentum akan digunakan untuk mengisi ulang baterai.

5. Saat berhenti secara penuh, mesin akan dimatikan secara otomatis.

zigwheels Kombinasi mesin bensin dan motor elektrik membuatnya sangat efisien.

Jika dibelah detail, mesin 4-silinder bensin Camry Hybrid sama dengan versi non-Hybrid. Namun saat bersinergi dengan motor elektrik, tenaga total yang dihasilkan mencapai 203 tk. Sementara torsi maksimal mencapai 270 Nm.

Dengan HSD yang secara pintar mengatur penggunaan mesin, jangan heran jika mobil ini sangat irit bahan bakar. Dalam pengujian yang dilakukan salah satu media, pemakaian dalam kota Camry Hybrid mencapai 21 kpl. Sementara untuk penggunaan luar kota 18,7 kpl.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.