Beberapa Komponen Mobil Rawan Rusak Usai Hajar Lubang

Kompas.com - 25/02/2015, 14:00 WIB
Kondisi jalan berlubang di Jalan Siliwangi, depan Pamulang Square, sangat membahayakan bagi pengguna jalan, Senin (17/3/2014). Yohanes Debrito NeonnubKondisi jalan berlubang di Jalan Siliwangi, depan Pamulang Square, sangat membahayakan bagi pengguna jalan, Senin (17/3/2014).
|
EditorAris F. Harvenda
Jakarta, KompasOtomotif - Jalan berlubang adalah kondisi yang kerap terjadi di jalanan usai musim penghujan. Para pengendara wajib waspada dengan bahaya lubang, yang berpotensi mengancam keselamatan juga bisa merusak beberapa komponen kendaraan.

Khusus untuk kendaraan roda empat, bila kerap menghantam lubang, kerusakan yang umumnya paling sering terjadi dan mudah dikenali ada pada ban dan pelek. Selain itu, bagian yang mudah rusak adalah lower arm dan ball joint.

"Paling sering rusak adalah ban dan pelek, biasanya ban bisa dilihat jadi ada benjolan atau pelek yang bisa jadi tidak rata lagi. Kerusakan lainnya paling sering di lower arm dan ball joint. Ini pun kalau sering terkena lubang apalagi kondisi yang ekstrem," jelas Parman Suanda, Kepala Bengkel Plaza Toyota Pemuda, saat berbincang dengan KompasOtomotif, Rabu (25/2/2015).

Parman melanjutkan, komponen awal yang perlu diperiksa apabila sudah diketahui mendapat gejala rusak, karena berpotensi memengaruhi kinerja komponen lain yang berhubungan. "Kalau tidak segera diperbaiki akhirnya merembet ke shock-absorder atau bushing arm. Kalau sudah terkena bagian ini biasanya kerusakan sudah parah dan sampai melakukan penggantian komponen," jelas Parman lagi.

Komponen lain yang kerap rusak adalah bearing roda yang menjadi bantalan as roda untuk berputar. Sebenarnya, daya tahan komponen ini umumnya bisa mencapai usia 100.000 kilometer. Tapi saat terkena lubang, bearing mengalami tekanan yang kuat dan ini bisa memperpendek usia pakai. Jika hal tersebut sudah terjadi solusinya adalah datangi bengkel resmi atau langganan Anda untuk dilakukan pemeriksaan atau perbaikan.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.