Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Listrik Apple Diproduksi Lima Tahun Lagi

Kompas.com - 20/02/2015, 17:57 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

San Francisco, KompasOtomotif — Apple Inc. yang diam-diam mempersiapkan mobil listrik mengharapkan tim yang terlibat dalam proyek itu untuk memulai produksi pada 2020. Artinya, lima tahun lagi, kemungkinan besar publik dunia bakal melihat mobil berlogo apel.

Seperti dilansir Bloomberg, Jumat (20/2/2015), biasanya produsen mobil akan menghabiskan waktu mengembangkan mobil antara lima hingga tujuh tahun. Target lima tahun menggarisbawahi bahwa Apple begitu agresif untuk memulai ”perang” dengan Tesla Motors dan General Motors.

Seperti diketahui, Tesla dan GM menargetkan merilis mobil elektrik yang sanggup melaju 321 km dalam sekali pengisian baterai, harga tak lebih dari 40.000 dollar AS atau setara Rp 500-an juta.

”Ini adalah titik belok yang membuktikan bahwa saat ini eranya elektrik. Sekarang kita punya Apple yang datang, dan ini adalah titik kritis. Apakah GM bisa menyaingi Tesla? Apple mungkin bisa,” kata Steve LeVine, penulis buku The Powerhouse yang mengisahkan tentang industri baterai otomotif.

Apple—yang baru saja memublikasikan rekor laba 18 miliar dollar AS kuartal terakhir lalu—saat ini mempunyai 178 miliar dollar AS uang tunai yang siap digunakan. CEO Tim Cook harus mencari jalan lain untuk mengembangkan bisnis perusahaan, memasuki ranah baru untuk lebih memperluas layanan digital.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com