Sunter Banjir, Toyota Liburkan Karyawan

Kompas.com - 09/02/2015, 17:25 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif - Akibat sudah tergenang sejak Senin (9/2/20150, pagi, manajemen Toyota Indonesia meliburkan karyawannya. Seluruh aktivitas bisnis, maupun produksi komponen di beberapa pabrik Toyota di Sunter harus berhenti total.

"Seluruh karyawan sudah resmi libur hari ini," jelas Bob Azam, Direktur PT Toyota Motor Manufactruing Indonesia kepada KompasOtomotif, hari ini.

Toyota memiliki pabrik di Sunter, Jakarta Utara untuk pencetakan, pengelasan, pengecatan, dan perakitan. Di Sunter Toyota memproduksi beberapa komponen utama, seperti mesin, potongan bodi untuk dikirim ke Karawang, untuk dirakit jadi kendaraan utuh. "Semua pabrik, yang di (Jalan) Gaya Motor juga tidak bisa beroperasi," tukas Bob.

Ketika ditanya berapa kira-kira potensi kerugian yang ditanggung perusahaan karena banjir ini, Bob tidak mau menjelaskan lebih lanjut. "Kerugian sudah tidak kepikiran lagi, yang masalah sekarang adalah keselamatan karyawan yang di jalan. Masalahnya, transportasi publik juga lumpuh," beber Bob.

AHM kena imbas

Selain Toyota, produsen sepeda motor terbesar di Indonesia, Astra Honda Motor (AHM) juga mengaku terimbas bencana banjir, hari ini. David Budiono, Direktur Produksi, Rekayasa, dan Belanja AHM menjelaskan, semua pabrik milik AHM di Pegangsaan (Kelapa Gading) dan Sunter, Jakarta Utara, terpaksa menghentikan produksinya.

"(Semua) stop produksi," jelas David, singkat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.