Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sunter Banjir, Toyota Liburkan Karyawan

Kompas.com - 09/02/2015, 17:25 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Akibat sudah tergenang sejak Senin (9/2/20150, pagi, manajemen Toyota Indonesia meliburkan karyawannya. Seluruh aktivitas bisnis, maupun produksi komponen di beberapa pabrik Toyota di Sunter harus berhenti total.

"Seluruh karyawan sudah resmi libur hari ini," jelas Bob Azam, Direktur PT Toyota Motor Manufactruing Indonesia kepada KompasOtomotif, hari ini.

Toyota memiliki pabrik di Sunter, Jakarta Utara untuk pencetakan, pengelasan, pengecatan, dan perakitan. Di Sunter Toyota memproduksi beberapa komponen utama, seperti mesin, potongan bodi untuk dikirim ke Karawang, untuk dirakit jadi kendaraan utuh. "Semua pabrik, yang di (Jalan) Gaya Motor juga tidak bisa beroperasi," tukas Bob.

Ketika ditanya berapa kira-kira potensi kerugian yang ditanggung perusahaan karena banjir ini, Bob tidak mau menjelaskan lebih lanjut. "Kerugian sudah tidak kepikiran lagi, yang masalah sekarang adalah keselamatan karyawan yang di jalan. Masalahnya, transportasi publik juga lumpuh," beber Bob.

AHM kena imbas

Selain Toyota, produsen sepeda motor terbesar di Indonesia, Astra Honda Motor (AHM) juga mengaku terimbas bencana banjir, hari ini. David Budiono, Direktur Produksi, Rekayasa, dan Belanja AHM menjelaskan, semua pabrik milik AHM di Pegangsaan (Kelapa Gading) dan Sunter, Jakarta Utara, terpaksa menghentikan produksinya.

"(Semua) stop produksi," jelas David, singkat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com