Kenali Perbedaan antara Ban Radial dan Bias

Kompas.com - 26/01/2015, 14:29 WIB
Ban Radial (kanan) terdiri dari konstruksi serat baja. KompasOtomotif-Donny AprilianandaBan Radial (kanan) terdiri dari konstruksi serat baja.
|
EditorAris F. Harvenda

Jakarta, KompasOtomotif – Pada dasarnya, ban jenis tubeless (tanpa ban dalam) terbagi dalam dua jenis, bias dan radial. Tak banyak yang tahu, meski keduanya tampak serupa, namun terdapat perbedaan signifikan yang menentukan faktor kenyamanan, keamanan, dan efisiensi.

Bayu Surya, Kepala Penjualan dan Pemasaran Divisi Roda 2 Michelin Indonesia, menjelaskan bahwa perbedaan secara teknis hanya satu, yakni konstruksi. Ban radial terdapat lapisan serat nilon yang dipasang secara menyilang, sementara ban radial dilapisi serat baja lentur yang dipasang berjajar.

”Meski hanya itu perbedaannya, namun dampak yang dirasakan pengguna sangat signifikan,” tegas Bayu di sela pengenalan ukuran baru ban Pilot Street Radial untuk sepeda motor 250cc ke atas, di Jakarta (23/1/2014).

Dari perbedaan konstruksi tersebut ada tiga keuntungan lebih untuk ban radial. Bayu memilahnya sebagai berikut:

1. Saat dipakai, ban radial tertekan ke kanan-kiri (arah dinding), sehingga membuat permukaan ban yang menyentuh aspal lebih lebar. Otomatis, daya cengkeram lebih baik, terutama saat menikung. Sementara ban bias, saat dipakai ban tertekan ke depan-belakang, bukan ke samping.

2. Saat tertekan ke kanan-kiri, beban dan panas terdistribusi lebih merata. Sementara model bias, karena beban terdistribusi di tengah, panas akan berpusat di bagian itu. Alhasil, bagian yang cepat aus adalah tengahnya, tidak merata kanan serta kiri. Dengan kata lain, ban radial lebih awet penggunaannya.

3. Meski menggunakan serat baja, pada kenyataannya ban radial lebih lentur saat dipakai. Hal ini memberikan kenyamanan lebih baik, terutama saat menghajar jalan bergelombang, jalan rusak, atau lubang.

Memang, menurut Bayu, harga ban radial lebih mahal, atau dua kali lipat harga ban bias. Namun untuk pengguna, terutama pemakai sepeda motor sport, ban jenis radial akan sangat mempengaruhi performa, terutama unsur keselamatan.

”Michelin sudah memperkenalkan teknologi ban radia sejak 1946. Dengan pengalaman berpuluh-puluh tahun, ban jenis radial kami diproduksi berdasarkan pengalaman panjang,” terang Bayu.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X