Nissan Gandeng NASA Garap Otonomos

Kompas.com - 12/01/2015, 11:30 WIB
Nissan dan NASA bekerja sama mengembangkan teknologi otonomos. Wo\Nissan dan NASA bekerja sama mengembangkan teknologi otonomos.
|
EditorAris F. Harvenda

Washington, KompasOtomotif - Nissan tidak mau ketinggaaan soal perkembangan teknologi otonomos. Tidak tanggung-tanggung, mereka menggandeng agensi Pemerintah Amerika Serikat yang bertanggung jawab atas program luar angkasa sipil, National Aeronautics and Space Administration (NASA).

Akhir pekan lalu pengumuman kerja sama diumumkan. Nissan dan NASA akan bekerja sama selama lima tahun, untuk meneliti dan mengembangkan teknologi otonomos paling maju pada kendaraan. Bukan cuma itu, keduanya juga mempersiapkan komersialisasi otonomos.

Lebih khusus lagi, kolaborasi ini melibatkan pekerja Nissan di fasilitas Silicon Valley Research Center dengan Ames Research Center salah satu divisi NASA. Kolaborasi ini akan membuat sistem gerak mobil tes otonomos, perangkat lunak, perpaduan kerja sama mesin dan manusia, serta aplikasi jaringan.

Nissan mengatakan proyek ini memungkinkan membuat mobil operasional otonomos nol emisi. Salah satu tujuan mereka adalah mendemonstrasikan kemampuan mobil itu untuk mengirimkan barang, material, serta manusia.

"Kerja sama NASA dan Nissan, dengan satu arah ke angkasa dan lainnya ke bumi, terhubung oleh tantangan yang sama. Dengan kerja sama ini akan mempercepat Nissan mengembangkan keamanan, jaminan, dan keandalan otonomos yang akan diperkenalkan ke konsumen pada awal 2016 hingga 2020,” ujar CEO Nissan Carlos Ghosn.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X