Konsumsi BBM Suzuki Address Tembus 77,40 Kpl

Kompas.com - 05/12/2014, 17:23 WIB
Pengetesan Suzuki Address di jalanan padat Jakarta. Dokumen SISPengetesan Suzuki Address di jalanan padat Jakarta.
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif – Konsumsi BBM Suzuki Address di jalanan perkotaan yang cukup padat mencapai 77,40 kpl. Angka itu diperoleh dari kegiatan adu irit yang diselenggarakan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) untuk wartawan otomotif, Jumat (5/12/2014). Jika dirata-rata, penggunaan bahan bakar skutik baru 113cc pesaing Honda Beat dan Yamaha Mio itu ada di angka 60-70 kpl.

Lebih dari 20 sepeda motor digeber dari dealer Suzuki Sunter, Jakarta Utara, menuju Rolling Stone Café, Jakarta Selatan. Jarak yang ditempuh sekitar 33 km dengan kondisi jalan cukup padat. Ajang ini memang difokuskan sebagai ajang pembuktian bahwa Address irit konsumsi BBM, lincah di perkotaan, dan nyaman dikendarai.

Metode pengetesan yang digunakan adalah full to full, di mana tangki bensin Address yang cukup besar, yakni 5,2 liter, diisi penuh saat berangkat, lalu kembali diisi penuh saat finish. Bahan bakar yang ditambahkan di titik akhir lalu dibandingkan dengan jarak yang ditempuh hingga muncul angka konsumsi BBM. Pengetesan ini menggunakan bensin RON 92.

”Dengan teknologi yang diemban Address, kami ingin membuktikan bahwa skutik harus irit bahan bakar untuk digunakan selama perjalanan di dalam kota,” kata Yohan Yahya, GM Marketing 2W SIS.

Pengendaraan normal
Dalam ajang ini, KompasOtomotif berusaha untuk mengendarai secara normal seperti kondisi sehari-hari. Pengendaraan eco driving dengan mengontrol kecepatan agar mendapat angka konsumsi bahan bakar yang tinggi tidak dilakukan. Tujuannya, mengetahui konsumsi bahan bakar riil, seperti yang sehari-hari konsumen lakukan.

Sesekali sepeda motor digeber, keluar dari rombongan, ikut antrean macet di tengah padatnya Jakarta. KompasOtomotif berusaha mengendarai seriil mungkin seperti kebiasaan. Tidak agresif, tidak juga berusaha irit. Hasilnya, konsumsi bahan bakar masih tembus 62 kpl. Angka ini cukup mengejutkan, dan mungkin bisa dijadikan patokan sesungguhnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.