Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fokus Honda Motor Tingkatkan Daya Saing Generasi Muda

Kompas.com - 28/11/2014, 16:08 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Karangasem, KompasOtomotif - PT Astra Honda Motor (AHM) kembali menunjukkan komitmennya menyiapkan generasi muda Indonesia yang berdaya saing tinggi di Industri otomotif. Bekerjasama dengan dealer utama wilayah Bali, Astra Motor Denpasar, produsen sepeda motor merek Honda itu meresmikan laboratorium otomotif di SMKN 1 Manggis Karangasem, Bali, Jumat (28/11/2014).

Laboratorium yang dibangun akan menjadi sarana praktik implementasi Kurikulum Teknik Sepeda Motor (KTSM) Honda. SMKN 1 Manggis Karangasem adalah sekolah kedua di Pulau Dewata yang mengimplementasikan KTSM Honda bersama dengan SMK PGRI 2 Badung.

Perusahaan telah menyusun silabus khusus terkait keterampilan teknik sepeda motor bagi siswa SMK agar siap di dunia kerja dan punya daya saing. Ssilabusini dikembangkan dengan memadukan standar kompetensi dan kompetensi dasar dari Dinas Pendidikan. Menariknya, materi pelatihan teknik juga menjadi materi pelatihan dan uji kompetensi mekanik di bengkel resmi Honda (AHASS).

AHM menentukan standar khusus bagi laboratorium tempat praktik siswa SMK KTSM Honda. AHM juga memberikan donasi sepeda motor dan peralatan khusus untuk mendukung siswa mempraktikkan ilmu dan pengetahuan yang diperoleh siswa.

Menurut Deputi Head of Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin, implementasi program KTSM Honda ini telah memasuki tahun kelima dan sudah tersebar dari Aceh sampai Papua dengan jumlah sekolah hampir 300 SMK.

"Tahun depan kami harapkan jumlah KTSM Honda bisa menjadi 500 SMK. Kami nanti tidak hanya fokus pada kuantitas, tapi juga akan meningkatkan kualitas implementasi dengan mengoptimalkan pelatihan teknik guru dan siswa, lalu meningkatkan status SMK menjadi tempat uji kompetennsi keterampilan teknik sepeda motor," ujar Muhibbudiddin.

Demi menjamin kualitas lulusan SMK KTSM Honda, secara periodik AHM menggelar pelatihan khusus kepada guru SMK KTSM Honda dengan memberikan materi dan pengetahuan yang disesuaikan dengan perkembangan teknologi terkini yang ada di sepeda motor Honda.

Tujuannya jelas, melahirkan mekanik-mekanik muda berkualitas dan memiliki daya saing di dunia kerja. Selain berpeluang kerja di jaringan bengkel Honda, lulusan SMK KTSM Honda juga berpeluang kerja di pabrik AHM, serta didorong untuk berwirausaha membuka lapangan pekerjaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com