Fokus Honda Motor Tingkatkan Daya Saing Generasi Muda

Kompas.com - 28/11/2014, 16:08 WIB
Laboratorium otomotif di SMKN 1 Manggis Karangasem, Bali Donny Apriliananda/KompasOtomotifLaboratorium otomotif di SMKN 1 Manggis Karangasem, Bali
|
EditorAzwar Ferdian
Karangasem, KompasOtomotif - PT Astra Honda Motor (AHM) kembali menunjukkan komitmennya menyiapkan generasi muda Indonesia yang berdaya saing tinggi di Industri otomotif. Bekerjasama dengan dealer utama wilayah Bali, Astra Motor Denpasar, produsen sepeda motor merek Honda itu meresmikan laboratorium otomotif di SMKN 1 Manggis Karangasem, Bali, Jumat (28/11/2014).

Laboratorium yang dibangun akan menjadi sarana praktik implementasi Kurikulum Teknik Sepeda Motor (KTSM) Honda. SMKN 1 Manggis Karangasem adalah sekolah kedua di Pulau Dewata yang mengimplementasikan KTSM Honda bersama dengan SMK PGRI 2 Badung.

Perusahaan telah menyusun silabus khusus terkait keterampilan teknik sepeda motor bagi siswa SMK agar siap di dunia kerja dan punya daya saing. Ssilabusini dikembangkan dengan memadukan standar kompetensi dan kompetensi dasar dari Dinas Pendidikan. Menariknya, materi pelatihan teknik juga menjadi materi pelatihan dan uji kompetensi mekanik di bengkel resmi Honda (AHASS).

AHM menentukan standar khusus bagi laboratorium tempat praktik siswa SMK KTSM Honda. AHM juga memberikan donasi sepeda motor dan peralatan khusus untuk mendukung siswa mempraktikkan ilmu dan pengetahuan yang diperoleh siswa.

Menurut Deputi Head of Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin, implementasi program KTSM Honda ini telah memasuki tahun kelima dan sudah tersebar dari Aceh sampai Papua dengan jumlah sekolah hampir 300 SMK.

"Tahun depan kami harapkan jumlah KTSM Honda bisa menjadi 500 SMK. Kami nanti tidak hanya fokus pada kuantitas, tapi juga akan meningkatkan kualitas implementasi dengan mengoptimalkan pelatihan teknik guru dan siswa, lalu meningkatkan status SMK menjadi tempat uji kompetennsi keterampilan teknik sepeda motor," ujar Muhibbudiddin.

Demi menjamin kualitas lulusan SMK KTSM Honda, secara periodik AHM menggelar pelatihan khusus kepada guru SMK KTSM Honda dengan memberikan materi dan pengetahuan yang disesuaikan dengan perkembangan teknologi terkini yang ada di sepeda motor Honda.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tujuannya jelas, melahirkan mekanik-mekanik muda berkualitas dan memiliki daya saing di dunia kerja. Selain berpeluang kerja di jaringan bengkel Honda, lulusan SMK KTSM Honda juga berpeluang kerja di pabrik AHM, serta didorong untuk berwirausaha membuka lapangan pekerjaan.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.