Mantan Bos Ferrari Banting Setir ke Maskapai

Kompas.com - 07/11/2014, 14:00 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

Roma, KompasOtomotif - Banyak yang menanyakan bagaimana karir Luca Cordero di Montezemolo setelah resmi mundur dari Ferrari. Kini, mantan orang nomor satu di Ferrari itu dikabarkan menjabat sebagai CEO maskapai penerbangan Alitalia berdampingan dengan wakilnya, James Hogan yang sebelumnya berstatus sebagai CEO Etihad Airways

Menurut sumber yang mengetahui rencana ini, dilansir Reuters, Kamis (6/11/2014), baik Montezemolo atau Hogan belum resmi ditunjuk, karena Etihad masih dalam proses pembelian 49 persen saham milik Alitalia.

Etihad menyiapkan dana hingga 1,76 miliar euro untuk membeli saham sekaligus menjadi penyelamat Alitalia dari ancaman kebangkrutan. Proses negosiasi masih belum putus, karena perlu memperoleh persetujuan dari pejabat di Eropa.

"Kemarin, direksi lama dari Alitalia mengajukan Montezemolo dan Hogan yang dinominasikan menjadi pemimpin baru perusahaan," ujar salah satu sumber. Ketika coba dikonfirmasi, baik Alitalia maupun Etihad sama-sama tidak berkomentar.

Kuasa Eropa
Montezemolo sepertinya tidak ada kendala untuk memimpin perusahaan maskapai penerbangan sekelas Alitalia nantinya. Tapi, untuk Hogan nampaknya agak sulit disetujui pihak berwenang di Eropa. Pasalnya, Uni Eropa melarang perusahaan penerbangan di luar Eropa menguasai maskapai asal Eropa.

"Montezemolo akan dikenal baik di dunia industri, jadi dengan memilihnya jadi Presiden Direktur tentu akan sukses dan membantu mendongkrak citra merek yang kuat," jelas Andrea Giuricin, analis transportasi dari Universitas Biocca, Milan, Italia.

Komisi Eropa akan mengumumkan keputusan menyangkut Alitalia dan Etihad akan berjalan mulus pada 17 November 2014 mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.