EICMA 2014

Ducati Multistrada 1200 Berteknologi Mesin Mobil

Kompas.com - 05/11/2014, 18:55 WIB
Ducati Multistrada 1200 DVT. AsphaltandrubberDucati Multistrada 1200 DVT.
|
EditorAzwar Ferdian

Milan, KompasOtomotif – Ducati Multistrada terbaru tak hanya mengusung tampang segar, tetapi juga jantung pacu berkinerja seperti mesin mobil yang disebut DVT. Kombinasi ini diperkenalkan pertama kali pada gelaran EICMA, Milan, Selasa (4/11/2014), bersamaan dengan kemunculan beberapa varian lain dengan sentuhan baru.

Perhatian utama tentu tertuju pada bongkahan mesin yang diberi embel-embel Desmodromic Variable Timing (DVT). Inilah yang sanggup mengatur bukaan klep atau katup pada mesin untuk mendapatkan setelan irit sekaligus bertenaga.

Sistem bukaan klep itu mirip yang digunakan pada mesin-mesin mobil, yang akrab disebut VVT milik Suzuki, VVT-i untuk Toyota, atau bahkan CVVT pada Kia, dan masih banyak lagi. DVT milik Ducati membuatnya berstatus sebagai sepeda motor pertama yang menerapkan teknologi bukaan katup seperti mobil.

Asphaltandrubber Penuh dengan kelengkapan elektronik.

IMU
Selain sistem bukaan klep, hampir semua bagian sepeda motor ini berubah. Teknologi semakin canggih dengan Intertial Measurement Unit (IMU) yang membuat pengereman semakin efektif. IMU juga berguna untuk mengatur fungsi suspensi.

Kontrol elektronik sangat lengkap termasuk Ducati Wheelie Control (DWC) hingga Ducati Traction Control (DTC) yang juga dikendalikan IMU. Cruise control menjadi standar pada semua model dan sistem multimedia, menghubungkan sepeda motor dengan smartphone melalui Bluetooth.

Asphaltandrubber Pilihan warna untuk Ducati Multistrada 1200 DVT.

Soal wajah, berubah cukup drastis, terutama pada bagian muka. Kombinasi lampu LED menjadi ciri khas yang sangat mudah dikenali. Tameng angin depan lebih tinggi, dikombinasi jok yang sudah disesuaikan agar mudah dinaiki.

Dengan perubahan frame dan sub-frame, membuat sepeda motor bisa didesain ulang lebih ramping, termasuk penyimpanan barang yang semakin bersih dan simpel.

Sudah pasti, model ini akan dibawa Ducati Indonesia sebagai model 2015. Namun kehadirannya belum bisa dipastikan tepatnya, diperkirakan awal tahun depan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X