Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
EICMA 2014

Ducati Multistrada 1200 Berteknologi Mesin Mobil

Kompas.com - 05/11/2014, 18:55 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Milan, KompasOtomotif – Ducati Multistrada terbaru tak hanya mengusung tampang segar, tetapi juga jantung pacu berkinerja seperti mesin mobil yang disebut DVT. Kombinasi ini diperkenalkan pertama kali pada gelaran EICMA, Milan, Selasa (4/11/2014), bersamaan dengan kemunculan beberapa varian lain dengan sentuhan baru.

Perhatian utama tentu tertuju pada bongkahan mesin yang diberi embel-embel Desmodromic Variable Timing (DVT). Inilah yang sanggup mengatur bukaan klep atau katup pada mesin untuk mendapatkan setelan irit sekaligus bertenaga.

Sistem bukaan klep itu mirip yang digunakan pada mesin-mesin mobil, yang akrab disebut VVT milik Suzuki, VVT-i untuk Toyota, atau bahkan CVVT pada Kia, dan masih banyak lagi. DVT milik Ducati membuatnya berstatus sebagai sepeda motor pertama yang menerapkan teknologi bukaan katup seperti mobil.

Asphaltandrubber Penuh dengan kelengkapan elektronik.

IMU
Selain sistem bukaan klep, hampir semua bagian sepeda motor ini berubah. Teknologi semakin canggih dengan Intertial Measurement Unit (IMU) yang membuat pengereman semakin efektif. IMU juga berguna untuk mengatur fungsi suspensi.

Kontrol elektronik sangat lengkap termasuk Ducati Wheelie Control (DWC) hingga Ducati Traction Control (DTC) yang juga dikendalikan IMU. Cruise control menjadi standar pada semua model dan sistem multimedia, menghubungkan sepeda motor dengan smartphone melalui Bluetooth.

Asphaltandrubber Pilihan warna untuk Ducati Multistrada 1200 DVT.

Soal wajah, berubah cukup drastis, terutama pada bagian muka. Kombinasi lampu LED menjadi ciri khas yang sangat mudah dikenali. Tameng angin depan lebih tinggi, dikombinasi jok yang sudah disesuaikan agar mudah dinaiki.

Dengan perubahan frame dan sub-frame, membuat sepeda motor bisa didesain ulang lebih ramping, termasuk penyimpanan barang yang semakin bersih dan simpel.

Sudah pasti, model ini akan dibawa Ducati Indonesia sebagai model 2015. Namun kehadirannya belum bisa dipastikan tepatnya, diperkirakan awal tahun depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com