Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Sepeda Motor Bekas dengan Harga Jual Tinggi

Kompas.com - 08/10/2014, 08:16 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif — Masih banyak kalangan yang mempertimbangkan harga jual kembali ketika membeli sepeda motor. Ada benarnya, karena tidak semua tipe bisa dijual dengan harga tinggi. Hanya model-model populer di pasaran yang bisa cepat terjual dengan nilai tawar tak jauh dari harga baru.

Fauzi Thalib, pengelola pusat sepeda motor bekas Safir Motor di Jalan Basuki Rahmat, Cipinang Besar, Jakarta Timur, mengatakan bahwa image dan gengsi merek sangat membantu mempertahankan harga jual kembali. ”Caranya gampang, lihat saja dari promosinya, siapa paling gencar, itu yang paling tinggi image-nya di masyarakat,” tutur Fauzi dengan analogi sederhana, (7/10/2014).

Dari data yang diberikan Fauzi kepada KompasOtomotif, ternyata sepeda motor dengan harga jual tinggi berbanding lurus dengan data penjualan sepeda motor dari AISI. Artinya, siapa yang paling laris terjual, itulah sepeda motor yang paling populer dan mampu mempertahankan harga jual tinggi.

Misalnya, Honda Beat yang menjadi sepeda motor terlaris di Indonesia. Depresiasi (penurunan nilai) pada tahun pertama cuma 13-15 persen. Misalnya, harga baru Beat FI pelek racing Rp 13,85 juta, harga seken tahun pertama (model 2014) hanya turun sekitar Rp 1,5 juta-Rp 2 juta, atau sekitar Rp 11 juta-Rp 12 juta.

Sepeda motor lain dengan harga yang bertahan tinggi adalah Vario Techno 125. Ali Muchtar, pengelola toko sepeda motor bekas Cahya Motor di Rawa Belong, Jakarta Barat, mengatakan bahwa tipe ini laku keras. Harga bekasnya untuk tahun 2014 masih di kisaran Rp 13 juta-Rp 14 juta, tahun 2013 sekitar Rp 12 juta, dan 2012 (tahun pertama) masih laku Rp 11 juta-Rp 12 juta.

”Kalau Vario yang belum injeksi (110 lama) agak sepi. Biasa, sepeda motor kayak hape (seperti ponsel). Kalau ada yang baru, harga tipe lama langsung jatuh,” ujar Ali kepada KompasOtomotif.

Jenis lain yang masih tinggi harga jual kembalinya adalah duo jagoan Yamaha, yakni V-ixion Lightning dan Mio GT. Depresiasinya pada tahun pertama mirip duo skutik Honda, yakni sekitar 10-20 persen. Suzuki Satria mewakili sepeda motor Suzuki dengan harga jual tinggi, penurunan nilai pada tahun pertama sekitar 20 persen.

Berikut deretan sepeda motor dengan harga jual yang masih tinggi:
1. Honda Vario Techno 125 (ISS dan non ISS).
2. Honda Beat FI dan karburator, masing-masing punya penggemar.
3. Yamaha Mio GT, mengalahkan pamor Mio J.
4. Yamaha V-ixion Lightning.
5. Suzuki Satria FU tahun berapa pun.
6. Kawasaki Ninja 250 (injeksi dan karburator).
7. Honda Supra X125, mewakili bebek, meski harga jual kembali tak terlalu tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com