Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rajutan Silaturahim Pengguna Yaris

Kompas.com - 29/09/2014, 16:41 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif — Tujuh bulan sejak Yaris pertama kali diluncurkan di Indonesia pada Februari 2006, para pengguna hatchback Toyota langsung berguyub. Meski awalnya hanya berkomunikasi via milis, sejumlah anggota akhirnya mendeklarasikan terbentuknya Toyota Yaris Club Indonesia (TYCI) pada 19 Agustus 2006. Berangkat dari banyak hal positif, TYCI akhirnya dirangkul oleh Toyota Astra Motor sebagai bagian dari Toyota Owner Club pada awal 2007.

“Awalnya memang buat ajang kumpul-kumpul teman sesama pengguna Yaris, tapi sekarang bukan sekadar ngomongin otomotif, tapi ada berbagai hal yang semakin menjalin silaturahim,” buka Djunaidy, Ketua TYCI periode 2013-2015, Senin (29/9/2014).

Seiring perjalanan menjelang ulang tahun kesembilan pada 2014, Djunaidy mengatakan, sebagian anggota lama tumbuh bersama TYCI hingga memiliki keluarga. Sebab itu, berbagai aktivitas direka untuk mengakomodasi segala kebutuhan yang sifatnya sangat kekeluargaan.

Hingga saat ini anggota mencapai 876 orang yang tersebar hingga Papua. Karakteristiknya, 70 persen laki-laki dan 30 persen perempuan dan berusia di antara 19–55 tahun. Djunaidy menyebutkan, pengguna Yaris terdiri atas banyak latar belakang yang mempunyai macam-macam profesi, mulai dari sopir pribadi hingga pejabat.

“Kita komplet, semua ada. Ini bukti Yaris digemari segala lapisan masyarakat,” timpal Djunaidy.

Delegasi
Kantor Pusat TYCI berada di Jakarta, sedangkan pembagian cabang menurut wilayah yang disebut chapter ada empat, yakni Medan, Padang, Lampung, dan Bandung. Jumlah ini masih terus berkembang, beberapa chapter masih mengantre untuk diresmikan.

Jumlah anggota di Jakarta dan sekitarnya mewakili 50 persen dari total anggota. Namun, sekitar 400 anggota sisanya tersebar di berbagai daerah. Djunaidy menjelaskan, syarat utama pembentukan chapter adalah memiliki anggota aktif minimal 25 orang. Nantinya delegasi ini yang menjadi perpanjangan tangan TYCI pusat untuk menjalankan aktivitas di berbagai daerah.

Keanggotaan TYCI bersifat terbuka, selain harus memiliki Yaris dan melunasi kewajiban administrasi, tidak ada syarat yang membebankan siapa pun yang ingin menjadi keluarga TYCI. Di luar itu, simpatisan dan pemerhati yang belum atau tidak memiliki Yaris juga punya kesempatan bergabung dengan TYCI, tentu dengan sejumlah persyaratan tertentu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com