Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketika Pengguna Motor Sport Rasakan R25

Kompas.com - 20/09/2014, 16:46 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Tangerang Selatan, KompasOtomotif – Fanatik dengan tunggangan sendiri bukan berarti menutup diri. Keterbukaan itulah yang menggerakkan beberapa komunitas sepeda motor menghadiri acara Kompasiana Nangkring bareng Yamaha R25, di area Favor Biss, Alam Sutera, Tangerang Selatan, Sabtu (20/9/2014).

Meski menggunakan merek lain, perwakilan komunitas ini dengan antusias mencoba Yamaha R25 yang saat ini sedang hip sebagai pendatang baru di segmen sepeda motor sport 250cc. Mereka adalah Kawasaki Ninja Club (KNC), Inazuma Owner Network (ION), dan CBR Owner Tangerang.

Di atas trek buatan di area parkir Favor Biss, disiapkan beberapa cone untuk menjajal kelincahan sepeda motor, menikung, dan sedikit trek lurus sekitar 200 meter. Dengan space terbatas dan waktu yang singkat, apa komentar mereka?

KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES Peserta Kompasiana Nangkring bareng Yamaha R25 berfoto bersama seusai test ride Yamaha R25 di Flavour Bliss, Alam Sutera, Tangerang Selatan, Sabtu (20/9/2014).

Irvan J Syah, salah satu anggota ION mengatakan kepada KompasOtomotif bahwa inilah sepeda motor 250cc paling ringan yang pernah dia coba. ”Sepeda motor ini asli enteng banget. Saya akui, tarikannya juga sangat baik, terasa ringan, cocok dengan tagline Yamaha yang mengklaim sebagai superbike you can ride everyday,” ujarnya.

Meski demikian, Irvan mengaku agak khawatir dengan kemampuan rem. Dikatakan, rem bukan tidak berperforma buruk, namun justru sangat pakem. Dirinya menganggap jika tidak disertai ABS, refleks biker ketika mengerem mendadak akan berbahaya.

Salah satu biker KNC, Vyco, juga mengatakan hal senada, bahwa R25 sangat ringan dan nyaman jika dipakai untuk mendukung kegiatan sehari-hari. ”Ada plus minus sih, cuma kelebihan yang menonjol R25 ringan dikendalikan. Nggak bakal capek kalau dipakai kerja,” katanya.

Sebelum mengikuti kegiatan test ride, para anggota komunitas dan 20 blogger Kompasiana diberi ”bekal” berupa penjelasan tentang spesifikasi detail Yamaha R25. Perspektif YIMM serius mengembangkan R Series dan model sport lain juga menjadi tambahan pengetahuan.

Tak hanya itu, PT Yamaha Indonsia Motor Manufacturing (YIMM) dan KompasOtomotif menyediakan varian CBU yakni R6 di segmen supersport dan T-Max yang bergenre skuter bongsor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com