Toyota Indonesia Promosikan Teknologi "Fuel Cell"

Kompas.com - 19/09/2014, 17:51 WIB
|
EditorAzwar Ferdian
Jakarta, KompasOtomotif - Untuk menopang strategi global dalam pertaruhannya pada mobil berteknologi hidrogen (fuel cell), Toyota Indonesia ikut mendengungkan teknologi canggih masa depan ini pada gelaran IIMS 2014.

Toyota Motor Corporation (TMC) bahkan sudah siap memproduksi massal mobil berbahan bakar hidrogen ini mulai April tahun depan di Jepang. Untuk mendorong kampanye ini, Toyota menampilkan Fuel Cell Vehicle (FCV) yang sebelumnya sempat tampil di Tokyo Motor Show, November 2013 lalu.

Sedan menengah konsep ini diharapkan bisa meneruskan sukses Prius Hibrida yang sudah terjual 6 juta unit sejak dipasarkan 1997. "Konsep kendaraan berbahan bakar hidrogen sudah dipamerkan sejak 20 tahun lalu, akhirnya mulai tahun depan diproduksi massal," jelas Widyawati Soedigdo, GM Perencanaan Perusahaan dan Humas PT Toyota Astra Motor (TAM) di Hall D, JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (19/9/2014).

Produk ini menjadi mobil hidrogen perdana yang dijual secara massal oleh Toyota. Widyawati menambahkan, dengan memajang FCV, Toyota bisa memberikan gambaran ke pengunjung IIMS kemajuan teknologi industri otomotif dalam menghadapi tantangan mobilitas, di tengah semakin langka dan mahalnya sumber energi di masa depan.

November lalu, KompasOtomotif juga pernah merasakan sensasi mobil fuel cell Toyota langsung di Nagoya, Jepang. “Pemakaian hidrogen ini membuat mobil FCV Toyota benar-benar ramah lingkungan karena tidak ada emisi (zero emission). Sisa pembakarannya keluar dalam bentuk air (H2O) sehingga betul-betul ramah untuk lingkungan,” tambah Dadi Hendriadi, GM Teknik TAM,

Berdasarkan riset yang dilakukan Toyota, kemampuan jelajahnya lebih panjang dengan sekali pengisian bahan bakar untuk jarak sekitar 700 km. Disamping itu, proses pengisian bahan bakar hidrogen juga jauh lebih cepat yaitu sekitar 3 menit sampai 5 menit dibandingkan pengisian setrum mobil listrik yang bisa berjam-jam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.