Kompas.com - 24/08/2014, 09:00 WIB
|
EditorAris F. Harvenda

California, KompasOtomotif - Lupa lokasi parkir mobil? Apple tengah menyiapkan aplikasi bantuan. Caranya mudah, cukup mengucapkan “find my car” kepada Siri, asisten personal yang bekerja pada perangkat iOS milik Apple.

Dua paten Apple, "Automatic identification of vehicle location" dan "Vehicle location in weak location signal scenarios” yang dipublikasikan situs resmi U.S Patent dan Trademark Office, Kamis (21/8/2014), mengindikasikan rencana pengembangan sistem hiburan kabin Apple CarPlay.

Kedua mekanisme sistem yang dipatenkan memakai kerja GPS, bluetooth, dan berbagai sensor seperti kompas, accelerometer, dan gyroscope. Pemilik hanya perlu “berbicara” kepada Siri lalu mengucapkan “find my car”. Maka aplikasi akan terbuka kemudian menuntun pemilik menemukan mobil.

International Business Times Dua paten Apple untuk memudahkan pemilik mencari mobil.

Kedua paten ini diajukan pertama kali pada Februari 2013, meski begitu belum indikasi Apple akan mengimplementasikan di produk baru mereka. Tapi kemungkinan fitur ini salah satu bagian dari CarPlay.

Sebelumnya Apple telah mengumumkan kerja sama dengan 29 produsen mobil untuk mencangkokkan CarPlay pada sistem hiburan. Baru-baru ini, Mercedes-Benz dan Volvo menyatakan menunda CarPlay hingga 2015, namun merek lain seperti Hyundai, Honda, dan Ferrari tetap pada rencana. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.