Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Listrik Gantikan Delman di "The Big Apple"

Kompas.com - 10/01/2014, 07:58 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Sumber carscoops
New York, KompasOtomotif — Wali Kota terpilih untuk New York, Bill de Blasio, berencana memensiunkan delman-delman yang selama ini menjadi kendaraan wisata di Central Park. Penggantinya adalah mobil-mobil keluaran jadul era akhir abad ke-19, yang dimodifikasi secara khusus menggunakan motor listrik.  

Cara ini diharapkan bisa menghadirkan suasana baru bagi industri pariwisata di New York. Sontak, rencana ini ditentang oleh 220 kusir delman yang sudah puluhan tahun mengabdi. Isu penyiksaan binatang yang diembuskan langsung pun ditolak mentah-mentah oleh kusir, dan mengatakan hanya tiga kuda yang mati dalam 30 tahun terakhir.

Semua kuda yang bekerja memperoleh liburan lima pekan dalam setahun, lebih dari jumlah yang diterima rata-rata pekerja di Amerika Serikat.

Rencana memang belum diputuskan, baik oleh Wali Kota dengan penasihat hukumnya, maupun para kusir yang menentang rencana itu. Sangat mungkin perbedaan pendapat ini masuk ke ranah hukum dalam waktu dekat.

Mengganti tradisi lama, delman dengan mobil jadul yang digerakkan motor listrik sebenarnya bukan hal yang buruk. Para kusir bisa dialihfungsikan sebagai pengemudi. Namun, ini hanya pendapat. Bagaimana dengan Anda?


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com