Generasi Millennial Beli Mobil Via Ponsel Pintar

Kompas.com - 13/08/2014, 09:15 WIB
|
EditorAris F. Harvenda
Detroit, KompasOtomotif - Generasi Millennial identik dengan ketergantungan pada internet dalam kehidupan sehari-hari. Mereka bahkan membeli mobil via online dan menggunakan dunia maya lewat ponsel pintar untuk mencari tahu model-model mobil baru, semudah dalam genggaman.

Menurut riset AutoTrader.com (ATG) yang dilakukan IHS Automotive, menyimpulkan 95 persen pembeli muda menggunakan internet untuk membeli mobil baru. Sekitar setengah dari mereka menggunakan ponsel pintar, naik 34 persen dari 2013. Jumlah ini, setara dengan 28 persen dari total pembeli mobil baru.

"Sangat vital bagi dealer untuk memiliki layanan via online, jika mereka mau mendorong konsumen beli produknya," tukas Isabelle Helms, Wakil Presiden bidang Intelejen Riset dan Pasar ATC, dilansir Bloomberg (12/8/2014). Millennial, merupakan julukan generasi baru bagi mereka yang lahir sejak 1982 sampai awal 2000-an.

Internet
Kemampuan internet yang menembus batas memungkinkan konsumen melakukan berbagai hal yang sebelumnya tidak. Mulai sekedar beli tiket pesawat, check-in di Hotel, melakukan reservasi di restoran, dan lain sebagainya.  Hasil penelitian juga menyimpulkan, sekitar 35 persen konsumen muda menganggap ketersedian situs versi ringkas (mobile) merek-merek ternama masih minim.

Sedangkan, 59 persen dari mereka mengaku belum terkesan dan merasa bosan ketika mengunjungi situs-situs versi mobile. "Dengan terus tumbuhnya situs mobile, dibutuhkan bukan cuma platform baru, tetapi situs itu wajib lebih mudah digunakan konsumen," beber Helms.

Sekitar 78 persen millennial menggunakan komputer rumah (PC) ketika membeli mobil baru, jumlah ini mendekati total pembeli baru yang mencapai 88 persen. Diprediksi, 80 persen konsumen menggunakan berbagai alat untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya di internet pada 2020 mendatang, naik 44 persen dari millennial di 2014 dan 32 persen dari total pembeli.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.