Kompas.com - 29/07/2014, 13:00 WIB
|
EditorAris F. Harvenda
Geneva, KompasOtomotif - Penghargaan diberikan kepada legenda F1 Ayrton Senna. Kali ini, ukiran wajah Senna tersemat pada koin perak pecahan 5 Euro dan hanya dicetak terbatas.

Pebalap asal Brasil tersebut berkarier di F1 selama 10 tahun. Senna mencatat 162 kali balapan, dengan 41 kemenangan dan mengumpulkan total 610 poin. Sayang, Senna harus kehilangan nyawa saat tampil di GP San Marino 1994.

Tragedi San Marino sudah 20 tahun berlalu, kini Senna kembali dikenang dalam bentuk koin perak yang bisa dimiliki oleh penggemar. Uang koin itu hanya diproduksi 8.000 keping, dan satu koin bisa ditebus dengan 50 Euro (Rp 777.564)

Koin Senna ini dibuat oleh desainer Marcio Petta dan Antonella Napolione, dan dirilis akhir pekan ini. Koin tersebut juga akan dijual bebas kepada fans Senna atau penikmat Formula 1, sebagai koleksi.

Sebelumnya, McLaren juga menyatakan bahwa mobil balap MP4/4 adalah persembahan khusus kepada Senna. MP4/4 adalah mobil balap F1 paling sukses yang pernah ada, dengan mencatat 15 kali kemenangan dalam 16 balapan. MP4/4 juga menjadi mobil yang mengantarkan Senna menjadi juara dunia pertama kali pada 1988.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.