Kompas.com - 08/07/2014, 14:03 WIB
|
EditorAris F. Harvenda

Jakarta, KompasOtomotif – Komunitas biker di Indonesia tak berhenti mengampanyekan soal keselamatan berkendara. Salah satu yang peduli adalah Fino Owners Indonesia (FOI), para penghobi sepeda motor Yamaha bertampang klasik. Mereka mengadakan kegiatan yang menggugah para anggotanya dan masyarakat agar sadar akan bahaya di jalan yang semakin tinggi.

Melalui kampanye "Jadilah Pelopor Keselamatan Berlalulintas dan Budayakan Keselamatan Sebagai Kebutuhan" yang diadakan akhir bulan lalu (29/6/2014), FOI ingin menggarisbawahi bahwa keselamatan di jalan bukan lagi sebagai wacana, tapi harus menjadi kebutuhan untuk para pengguna jalan.

Tangerang menjadi destinasi pertama dengan lalu lintas padat, dirangkum dalam Café de Fino City Touring. Kampanye tertib berlalu-lintas ini dihadiri lebih dari 40 pengguna Yamaha Fino dan pecinta sepeda motor Fino yang tergabung dalam FOI dan partsipan member Fino Mania.

Fino Owners Indonesia Anggota Fino Owners Indonesia.

Lalu, Bogor menjadi destinasi hari ke-2. Start dari Yamaha Mekar Bogor, 40 pencinta Yamaha Fino dari FOI Jabodetabek menyusuri jalan seputar kota Bogor yang bertepatan dengan puasa hari pertama. Para Finoers juga di ajak mengenal sejarah dengan mengunjungi Prasasti Batu Tulis serta Taman Makam Pahlawan Breded, Bogor.

Tidak besar
”Walau gerakan ini tidak besar, semoga memberikan dampak positif bagi pengendara sepeda motor, khususnya di kota-kota dengan lalu lintas yang padat. Semoga dengan gerakan kecil seperti ini dapat menyadarkan pemakai jalan akan tingginya angka kecelakaan di jalan raya dan terus berhati-hati serta mematuhi peraturan,” kata Achobule, penggagas FOI.

FOI adalah komunitas yang sudah berdiri sejak 2006, bermula dari keisengan beberapa penikmat skutik mencari alternatif sepead motor yang unik. Ditemukanlah Yamaha Fino, yang saat itu dijual di Thailand. Sepeda motor gaya klasik ini pun harus dibeli CBU, seiring dengan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) yang akhirnya menjual Fino.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.