Ini Rahasia Kenyamanan Jok Outlander Sport Terbaru

Kompas.com - 28/05/2014, 10:34 WIB
EditorAris F. Harvenda
Jakarta, KompasOtomotif — Salah satu terobosan terbesar Mitsubishi Indonesia pada Outlander Sport terbaru adalah penyempurnaan jok belakang. "Masukan" konsumen terhadap sandaran baris kedua yang terlalu tegak akhirnya disempurnakan. Kini penumpang belakang bisa lebih nyaman bersandar pada jok dan menikmati perjalanan tanpa cepat lelah.

Pada test drive yang digelar Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), di Bandung, akhir pekan lalu, KompasOtomotif coba mencari ubahan yang menjadi perbedaan struktur pada jok belakang. Diklaim, kemiringan ditambah 6 derajat lebih landai agar badan bisa bersandar dengan nikmat. Kebetulan ada versi terdahulu untuk dibandingkan, jadi perbedaan langsung terasa. Kendati sudah diubah, bagi penumpang yang doyan tegak, posisi tersebut masih bisa diaplikasikan.

KompasOtomotif-Aris Harvenda Ada ubahan pada pengunci pada sandaran jok belakang Outlander Sport
Kunci
Jika dilihat sekilas dari posisi besi penahan jok yang ada di trim, antara versi lama dan baru (facelift) hampir tidak ada bedanya. Modifikasi yang dilakukan ada pada pengunci yang ditanam pada sisi samping jok dekat trim. Pengunci yang ada di dalam memiliki 2 step sehingga penumpang bisa memilih posisi bersandar sesuai keinginan.

Cara untuk memilih posisi sangat mudah. Di bagian atas jok, posisi di pinggir, dekat sandaran kepala, ada tombol yang harus ditekan. Harus sedikit lebih kuat saat menekan karena tekanan tergolong cukup keras.

Paten
Lantas bagaimana nasib pemilik Outlander Sport versi sebelumnya yang ingin jok baris kedua seperti edisi terbaru. Kosei Tamaki, Executive General Manager of MMC Marketing Division KTB, menyampaikan di sela test drive bahwa hal tersebut tidak bisa dilakukan karena sifatnya sudah paten.

"Kita tidak bisa langsung ganti komponen. Penyempurnaan pada versi terbaru tak sekadar ganti jok atau pasang komponen baru. Namun, penyempurnaan tersebut sudah melalui beragam tes dan uji kelayakan. Jadi, tidak bisa diganti begitu saja," lanjut Tamaki.

Untuk aksesori yang ada di versi terbaru sebenarnya juga bisa diaplikasikan pada model sebelumnya. Namun, hal tersebut tidak direkomendasi karena harganya cukup mahal, sementara versi facelift kali ini tidak mengalami kenaikan harga. Bahkan, ada varian yang turun Rp 2 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.