Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Baju Balap" Instan Sepeda Motor Sport

Kompas.com - 26/05/2014, 20:50 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Mendongkrak penampilan sepeda motor sport sebenarnya tak perlu ribet, karena penampilan dasarnya sudah atraktif. Tinggal pasang aksesori di sana-sini, ”rating”-nya seketika naik. Atau, salah satu pilihan lain adalah ”mengganti baju” satu set dengan gaya balap yang juga dirasa simpel tapi cukup berkelas.

Race Motor Modified (RMM), rumah modifikasi sepeda motor sport yang bermarkas di Kebon Jeruk 3 no 35A, Jakarta Barat, menawarkan aneka ”baju balap” itu untuk beberapa jenis sepeda motor sport. Satu set baju terdiri dari fairing kanan-kiri, spakbor, buntut, pelindung tangki dan lengan ayun, sampai tameng angin.

Menurut Ajun, salah satu karyawan RMM, pemasangan tidak ribet alias menggunakan sistem plug and play. Tinggal copot aksesori lama, lalu pasang bodi baru. ”Bisa dipasang sendiri. Peralatannya paling obeng, tidak ada yang macam-macam. Ini untuk yang melakukan pemasangan di rumah,” ujarnya.

Donny Apriliananda Kawasaki Ninja250 berubah menjadi ZX-6R 636 hanya dengan bodi tiruan plug and play.

Soal motif, RMM menyediakan cukup banyak. Mulai corak Movistar Yamaha MotoGP, Repsol Honda, tim-tim lawas MotoGP, hingga tim-tim Moto2. Prinsipnya, corak apa pun di arena balap, RMM sanggup merealisasikannya. Atau, ingin mengubah sepeda motor standar jadi moge, misalnya Kawasaki Ninja 250 menjadi ZX6R-636.

Keuntungan lain, karena modifikasi tidak mengubah performa mesin, hanya ganti wajah, sepeda motor masih bisa dipakai untuk harian. Sepeda motor yang bisa diberi baju baru antara lain Yamaha V-ixion, Honda CB150R Streetfire, Kawasaki Ninja. Jika tertarik, sediakan bujet 8,5-9,5 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com