Michelin Penyuplai Tunggal Ban MotoGP Mulai 2016

Kompas.com - 25/05/2014, 16:14 WIB
Michelin Man Asphalt and RubberMichelin Man
|
EditorAris F. Harvenda

Clermont-Ferrand, KompasOtomotif - Produsen ban asal Perancis, Michelin, dinobatkan menjadi penyuplai tunggal buat kejuaraan dunia MotoGP mulai musim 2016. 

Michelin dipilih promotor MotoGP, Dorna, setelah aplikasi tender terbuka mulai digulirkan untuk menggantikan Bridgestone, yang menyatakan mundur selepas musim 2015. Produsen ban yang tertarik, diminta untuk mengajukan spesifikasi teknis ke Managing Director Dorna, Javier Alonso. Menurut Dorna, terdapat tiga perusahaan yang berminat, namun hanya Michelin yang mengajukan proposal resmi hingga batas waktu terakhir, 22 Mei 2014.  

Kontrak resmi masih dalam proses penjajakan hingga musim 2016 dimulai. Di tahun pertama, Michelin perlu menyesuaikan kebutuhan ban dengan regulasi baru, yakni pemakaian pelek berukuran 17 inci, lebih besar dari 16,5 inci yang sekarang digunakan di setiap motor balap MotoGP. Informasi tambahan, World Superbike Championship sudah mulai menggunakan regulasi itu sejak 2013.

“Kebijakan kami yang membawa teknologi dari trek ke jalan umum selaras dengan regulasi teknis yang baru, menggunakan pelek 17 inci pada 2016. Itulah kenapa Michelin memutuskan memajukan penawaran ke Dorna Sports. Kami berterima kasih karena memercayai keahlian Michelin mengamankan 26 biker memperebutkan gelar juara,” papar Pascal Couasnon, Director Michelin Motorsport. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.