Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rantai ”Timing” Bermasalah, Nissan "Recall" Juke

Kompas.com - 16/05/2014, 17:23 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

California, KompasOtomotif – Nissan dilaporkan melakukan kampanye perbaikan massal (recall) untuk Juke model 2011-2013. Perusahaan menemukan masalah pada rantai timing. Dikhawatirkan, jika terus diabaikan semakin lama kondisinya bisa lebih buruk dan mempengaruhi komponen lainnya.

Dilansir cars.com, pemilik bisa saja mengetahui kondisi dari lampu peringatan yang menyala, namun hal ini tidak bisa dibiarkan. Belum jelas, apakah masalah ini sudah menimbulkan kecelakaan atau belum, namun berdasarkan laporan NHTSA minggu lalu, Juke 2011 yang dikemudikan salah satu konsumen tiba-tiba mogok karena masalah rantai timing.

Pemilik yang mengajukan klaim mengatakan, mobilnya tidak bisa keluar dari tempat parkir setelah dilakukan perbaikan. Soal ini, Manajer Layanan Nissan di AS, menuding kegagalan kedua yang berasal dari serutan logam berasal dari rantai timing. Laporan lain, ada juga konsumen yang mengklaim mesin perlu diganti karena kerusakan komponen lain seperti rantai putus.

Paling tidak, ada 14 kejadian serupa yang menimpa Juke model 2011, satu untuk edisi 2012, dan belum ada keluhan dari pemilik Juke buatan 2013. Salah satu dari laporan itu menyatakan kegagalan kerja rantai keteng terjadi di usia pertengahan, yakni 28.000 mil atau setara 45.000 km.

Nissan akan mengganti rantai timing, memperbaiki sekitarnya, berikut crank sprocket tanpa dipungut biaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com