Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan Mulai Produksi Evalia Listrik di Barcelona

Kompas.com - 12/05/2014, 14:00 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Barcelona, KompasOtomotif - Nissan mulai memproduksi mobil listrik keduanya, e-NV200, di pabrik Barcelona, Spanyol, dilansir Carscoop (10/5/2014). Fasilitas ini merupakan satu-satunya yang diberi tanggung jawab memproduksi "Evalia" listrik ini untuk dipasok ke pasar global.

Nissan memproduksi e-NV200 dalam tiga versi, kendaraan penumpang, komersial, dan taksi juga di Barcelona. Untuk menopang kegiatan produksi, Nissan telah menggelontorkan dana 100 juta euro, merupakan bagian dari total investasi 431 juta euro, untuk kegiatan operasionalnya di Spanyol.

Evalia listrik akan dipasok ke 20 negara di dunia, termasuk Jepang. Jumlah negara tujuan akan ditambah seiring membesarnya pasar. Pengiriman perdana kendaraan dimulai bulan depan (Juni 2014). Produk menggunakan sistem penggerak listrik murni yang sama digunakan pada Leaf, dengan memanfaatkan asupan tenaga dari baterai. Dalam sekali pengisian, Evalia listrik bisa menjelajah hingga 170 km dalam penghitungan NEDC.

Motor listrik yang digunakan bertenaga 80 kW dengan arus AC, terintegrasi penuh dengan pengisian baterai dan inverter dalam satu unit kompak. Berbeda dengan Leaf, baterai lithium-ion yang digunakan pada MPV ini, diletakkan di bagian lantai mobil tanpa harus mengorbankan luas dalam kabin.

Nissan/Carscoop Dipasok ke 20 negara di seluruh dunia, mulai Juni 2014.
Pengisian baterai menggunakan stop kontak rumahan, berdaya 3,3 kW 16 ampere, membutuhkan waktu hingga satu malam. Tapi, jika dinaikkan menggunakan 6,6 kW dan 32 ampere pengisian ulang bisa lebih cepat dalam empat jam saja. Selain itu, juga masih ada pengisian khusus CAdeMO DC 30 kW yang bisa mengisi baterai 0-80 persen cuma dalam 30 menit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com