Kompas.com - 12/05/2014, 18:48 WIB
|
EditorAris F. Harvenda
Ann Arbor, KompasOtomotif - Grup Mahindra coba menjajaki pasar kendaraan roda dua Amerika Serikat (AS). Bukan bersaing dengan "moge" sekelas Harley Davidson atau Victory, tapi justru membidik segmen yang masih relatif belum terjamah, yakni skuter listrik.

Mahindra merasa bangga memperkenalkan Genze di Ann Arbor, Michigan, akhir pekan lalu (10/5/2014). Skuter listrik ini mampu berkendara sejauh 48 km dalam kondisi baterai terisi penuh. Kecepatan maksimumnya cuma 48 kpj. Dengan spesifikasi yang ditawarkan GenZe, konsumen di AS tidak perlu memiliki SIM untuk mengendarainya.

Skuter satu penumpang ini diproduksi di pabrik Mahindra di Michigan dengan kapasitas 9.000 unit per tahun. Jika penjualan bagus, kapasitas bisa dinaikan menjadi 20.000 unit per tahun. GenZe dikembangkan di Palo Alto, California dan didesain sekaligus diproduksi di Ann Arbor, Michigan.

Meski terlihat sederhana, GenZe dibekali panel meter digital, layar sentuh, berukuran 7 inci. Bentuknya mirip tablet mini dengan kemampuan koneksi Bluetooth dan anti air. Berbagai informasi seperti kecepatan, sisa energi baterai, dan jarak tempuh jadi suguhan utamannya. Di India, GenZe sudah diluncurkan sejak September 2013, tapi baru bisa menembus penjualan di AS mulai tahun ini.

Mahindra/indianautosblog.com Bisa menempuh jarak 48 km dalam kondisi baterai penuh.
"R and D"
Untuk memperkuat kehadiran di AS, Mahindra juga meresmikan semacam pusat pengembangan dan penelitan, Mahindra North American Technical Centre. Tujuan utama meresmikan fasilitas ini adalah, "Fokus pada memberikan Mahindra melalui desain produk yang kompetitif, dan teknologi yang menyokong portofolio produk di masa depan".

Fasilitas ini mempekerjakan 40 insinyur dengan kemampuan mendesain kendaraan. Dalam kondisi maksimum, fasilitas ini bisa menampung sampai 125 insinyur dan berkolaborasi dengan seluruh tim pengembangan produk Mahindra di India.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.