Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sedan Murah Datsun Sulit Beredar di Indonesia

Kompas.com - 07/05/2014, 11:00 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif -– Sedan Datsun on-DO yang meluncur di Rusia pada April lalu tipis kemungkinan untuk menjelajah pasar Indonesia. Vincent Cobee, Corporate Vice President Datsun Business Unit, menegaskan, Indonesia ”tidak punya” pasar sedan alias volume penjualan mobil di segmen ini terlalu kecil dibandingkan MPV atau jenis lainnya.

Cobee memang tak menyebut secara langsung bahwa Datsun menutup pintu untuk model lain selain Go+. Namun, melihat budaya di Indonesia, saat ini MPV yang merajai. ”Untuk sekarang tidak, karena (pasar) sedan sangat kecil. 60 persen pasar mobil di Indonesia mobil tujuh penumpang, lalu 25 persen hatchback, sisanya model lain (SUV dan sedan),” sebutnya seusai penganugerahan Datsun Rising Challenge, di Jakarta, Selasa (6/5/2014).

Terlebih lagi, sedan on-DO yang dibangun dari basis Lada Kalina bermesin 1.600cc itu didesain tangguh untuk cuaca dingin Rusia. Andai dipaksakan untuk beradaptasi dengan spesifikasi yang dibutuhkan di Indonesia, Cobee mengatakan bisa. Namun, akan terlalu berisiko dari segi bisnis.

”Kelahiran kembali merek Datsun tidak lantas menciptakan banyak mobil lalu dijual ke sana kemari. Kami memasuki pasar potensial di dunia dengan kebutuhan model yang menyesuaikan keinginan masyarakat setempat,” urai Cobee.

Datsun on-DO yang dijual sekitar Rp 120 juta di Rusia memang menjadi produk menarik. Namun, Cobee sekali lagi menegaskan, untuk saat ini MPV Go+ yang akan dijual di bawah Rp 100 juta adalah produk yang cocok untuk konsumen di Indonesia karena kapasitas penumpang, ketahanan, juga harga yang terjangkau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com