Kompas.com - 03/05/2014, 16:30 WIB
Suzuki akan menghidupkan kembali model retro dengan TU250X. motorcycleSuzuki akan menghidupkan kembali model retro dengan TU250X.
|
EditorAris F. Harvenda

Los Angeles, KompasOtomotif – Suzuki sudah mengumumkan bakal menggebrak 2014 dengan model retro berkapasitas silinder kecil. Produsen Jepang yang sempat dinyatakan pailit di AS itu akan menghidupkan kembali roh TU250X, yang sudah pernah muncul pada 2009. Di pasar AS, model ini akan segera muncul di berbagai dealer resmi akhir Mei.

Model 2015 TU250X tampak tak jauh beda dengan model pembaruan terakhir 2013. Sepeda motor ini menyandang mesin injeksi 249cc, berpendingin, udara satu silinder. Belum dibeberkan soal tenaga, namun lembaga pengujian dan pengawas lingkungan (EPA), menyebut tenaganya mencapai 18,8 PS @7.500 rpm. Hanya, disebut bahwa sistem injeksi sudah disetel ulang sehingga torsi lebih besar di putaran bawah.

Tenaga ditransfer melalui transmisi lima percepatan. Karena retro dan termasuk jenis entry-level, peranti rem belakang menggunakan tromol, tapi di depan sudah rem cakram dua piston. Suspensi teleskopik, dan per ulir di belakang.

motorcycle berkapasitas 250cc, akan bertarung di segmen bawah.

Spek lain, tangki bahan bakar sanggup memuat 12,1 liter bensin. Tinggi jok ke tanah cuma 81 cm, dan bobot total hanya 147 kg. Soal tampang, benar-benar retro dengan lampu depan belakang bulat, diikuti spidometer dan kaca spion yang berbentuk sama.

Sedikit masalah mengganjal, TU250X masih belum disetujui untuk dijual di California karena terganjal peraturan emisi setempat yang sangat ketat, beda standar dengan EPA sendiri. Andai tak boleh dijual di salah satu pasar terbesar sepeda motor di AS itu, Suzuki Motor of America masih bisa menjual di daerah lain yang sudah menanti model ini.

TU250X akan ditawarkan dalam warna silver dan hitam. Harga 4.399 dollar AS atau setara Rp 50,6 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Motorcycle
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.