Pusat Pendidikan dan Pelatihan Otomotif Astra Otoparts

Kompas.com - 30/04/2014, 17:44 WIB
Direktur PT Astra Otoparts Tbk, Yusak Kristian, menunjukkan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Otomotif yang baru diresmikan di SMK PGRI 20 Jakarta, Cibubur, Jakarta Timur, Rabu (30/4/2014). Pusat Pendidikan dan Pelatihan Otomotif ini adalah bentuk kerja sama berkesinambungan dengan SMK PGRI 20 Jakarta untuk mencetak lulusan yang handal dan terampil di dunia Otomotif KOMPAS IMAGES / RODERICK ADRIAN MOZESDirektur PT Astra Otoparts Tbk, Yusak Kristian, menunjukkan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Otomotif yang baru diresmikan di SMK PGRI 20 Jakarta, Cibubur, Jakarta Timur, Rabu (30/4/2014). Pusat Pendidikan dan Pelatihan Otomotif ini adalah bentuk kerja sama berkesinambungan dengan SMK PGRI 20 Jakarta untuk mencetak lulusan yang handal dan terampil di dunia Otomotif
|
EditorAris F. Harvenda
Jakarta, Kompas.com - PT Astra Otoparts Tbk meresmikan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Otomotif, di SMK PGRI 20, Cibubur, Jakarta Timur, Rabu (30/4/2014). Pusat Pendidikan dan Pelatihan Otomotif ini merupakan bentuk dari Corporate Social Responbility (CSR) kepada dunia pendidikan, khususnya kepada SMK PGRI 20 yang telah terjalin selama kurang lebih 7 tahun.

"Kerjasama yang terjalin seperti saat ini tidak didapat dengan mudah. Semua bermula dari minimnya lulusan SMK PGRI 20 yang diterima di Astra Otoparts. Pada waktu itu ada 200 lulusan yang lolos psikotes, tapi pada tahap wawancara hanya lima yang diterima. Ini kemudian membuat kami berusaha mencetak lulusan yang bisa memenuhi standar di Astra, salah satu caranya ya dengan menjalin kerja sama dengan Astra Otoparts," kata Kepala Sekolah SMK PGRI 20, Purwosusilo.

Direktur PT Astra Otoparts Tbk, Yusak Kristian, mengatakan bahwa kerja sama seperti ini tidak hanya sekedar CSR, tapi merupakan bentuk kerja sama yang saling menguntungkan kedua belah pihak. Karena dengan memberikan pendidikan serta pelatihan secara nyata kepada murid, maka murid tidak akan kaget ketika terjun langsung ke dunia kerja, khususnya di Astra Otoparts.

"Ini bentuk kerja sama yang terus berkesinambungan, kami memiliki kebutuhan untuk mendapatkan tenaga kerja yang handal, dan SMK PGRI 20 memiliki motivasi yang kuat dalam mengembangkan dan menyiapkan siswa untuk masuk ke dunia kerja. Jadi kami berharap bisa menyerap tenaga kerja nan handal melalui Pusat Pendidikan dan Pelatihan Otomotif ini," kata Yusak.

KOMPAS IMAGES / RODERICK ADRIAN MOZES Direktur PT Astra Otoparts Tbk, Yusak Kristian, meninjau siswa yang sedang praktek otomotif di SMK PGRI 20, Cibubur, Jakarta Timur, Rabu (30/4/2014). PT Astra Otoparts Tbk meresmikan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Otomotif yang merupakan bentuk kerja sama berkesinambungan dengan SMK PGRI 20 Jakarta untuk mencetak lulusan yang siap masuk ke dunia kerja.
Shop and Drive
Untuk memberikan gambaran utuh kepada siswa. Pusat Pendidikan dan Pelatihan Otomotif dibangun persis seperti outlet Shop and Drive yang merupakan unit retail Astra Otoparts. Di tempat ini siswa akan diajarkan bukan sekedar pengetahuan teknis mesin dan alat-alat, tapi juga pengetahuan mengenai manajemen konsumen.

"Jadi percuma jika memiliki tenaga kerja yang jago dalam teknis mesin, tapi ketika menghadapi konsumen sikapnya tidak baik. Nah, di pusat pendidikan dan pelatihan inilah siswa akan diajarkan mengenai attitude, cara berbicara dengan pelanggan hingga menghadapi komplain," beber Yusak.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X