Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HR-V, Nama Honda Vezel di Amerika Serikat

Kompas.com - 07/04/2014, 08:20 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

New York, KompasOtomotif – Honda Vezel tidak hanya jadi produk JDM (Japanese Domestic Market) tapi juga merambah ke pasar besar lain. Rumor terbaru menyebutkan, selain dipastikan menujur pasar Amerika Serikat, crossover berbasis Honda Jazz ini akan mengenakan nama berbeda, yaitu “HR-V”.

Dugaan kuat berawal dari situs pecinta Honda dan Acura, Temple of Vtec (Vtec.net), yang mengungkapkan, unit telah diperkenalkan pada pertemuan internal dealer Amerika Utara. Nama “HR-V” juga telah terdaftar di kantor pusat paten AS. Dijelaskan, penamaan “HR-V” berhubungan dengan nama model crossover terlaris Honda, CR-V.  

Nama HR-V sebenarnya sudah dimiliki model SUV kompak Honda yang pernah beredar pada 1999-2006. Kala itu Honda menjelaskan, HR-V singkatan dari Hi-Rider Revolutionary Vehicle. Kendaraan ini memadukan ruang kabin dan bagasi lega dan visibilitas tinggi dengan kemampuan manuver dan efisiensi bahan bakar yang dimiliki mobil kompak.

Di Jepang, Vezel sudah meluncur sejak November lalu. Sementara di AS segera terlaksana di pertengahan 2014. Setelah itu Eropa menyusul, kemungkinan menggunakan desain yang sama.

Untuk pasar AS,  HR-V akan diproduksi di pabrik Celaya, Meksiko. Fasilitas ini juga memproduksi Jazz generasi terbaru. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com