Nissan "Rela" Elgrand 3.5L Diterpa PPnBM

Kompas.com - 25/03/2014, 19:17 WIB
|
EditorAris F. Harvenda

Jakarta, KompasOtomotif – Nissan Motor Indonesia (NMI) merelakan peredaran Elgrand 3.5L Highway Star bakal tergerus, setelah pemerintah menaikkan Pajak Pertambahan Nilai atas Barang Mewah (PPnBM), kendaraan bermotor bensin di atas 3.000 cc. Vice President Director NMI, Yoshiya Horigome, mengatakan, NMI akan lebih fokus di segmen medium dan bawah.

“Kami sudah tahu sejak tahun lalu (PPnBM) efektif April nanti. Kami punya Elgrand 3.5L dan beberapa model Infiniti. Tentu ada respons tentang itu. Market ini relatif kecil, kurang dari 1 persen dari total pasar. Dampak ekonominya tidak terlalu besar, dan saya pikir volumenya tidak akan naik,” terang Horigome usai peluncuran All-New Nissan Teana, di Jakarta, Selasa (25/3/2014).

Dengan bertambahnya beban pajak, pasar yang dituju PPnBM diprediksi perlahan menurun, sehingga produsen mengubah strategi nasional karena peraturan soal kapasitas mesin. Horigome berujar, rencana pemasaran produk biasanya butuh persiapan 1-2 tahun, siapa yang paling cepat membuat respon akan menang.

 “Saya lebih memperhatikan untuk menguatkan brand bagi konsumen. Kami harus menyediakan mobil yang bisa menyesuaikan pasar,” imbuh Horigome.

Dijelaskan, pembeli Elgrand 3.5 liter terbatas, hanya kelompok orang berkantong tebal. Jadi versi 3.5L akan diekspos buat segmen super premium, sedangkan varian 2.5L mengisi kelas di bawahnya. “Oke, kami kehilangan bisnis di 3.5 liter tapi 2.5 liter akan bertumbuh. Ini tantangan sekaligus kesempatan,” tutup Horigome. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.