Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

All-New Nissan Teana Gabungkan Kemewahan Beraura Sporty

Kompas.com - 25/03/2014, 13:49 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Setelah peluncuran di Jepang Januari lalu, Nissan Motor Indonesia (NMI) resmi meluncurkan model global All-New Teana, di Jakarta, Selasa (25/3/2014). Generasi ketiga sedan segmen D ini dibanderol Rp 535 juta.

NMI mengungkapkan, pembaruan mengusung konsep "Driving Performance", beralih dari "Hospitality" yang diterapkan pada generasi sebelumnya. Selain ubahan eksterior, interior, dan kenyamanan, Teana terbaru berupaya dekat dengan pengendara, menawarkan pengalaman mengemudi terbaik di kelasnya.

KompasOtomotif-Febri Ardani Tampil lebih elegan dan sporty, mengusung konsep berbeda dari pendahulunya
Vice President Director NMI, Yoshiya Horigome, mengatakan, komposisi Teana di Indonesia, 80 persen dimiliki perusahaan sebagai kendaraan operasional, 20 persen dimiliki pribadi eksekutif. "Untuk model baru ini, kami percaya bahwa persentase pemilik pribadi akan meningkat menjadi 30 persen," ungkapnya saat peluncuran.

Eksterior
Perbedaan paling kentara terlihat dari eksterior. Kini tampangnya tak hanya lebih elegan. Para desainer menambahkan aura sporty dengan garis tajam. Bingkai gril dan lampu depan meruncing dan mengarah ke sisi bodi yang lebih lebar.

Guratan garis di fender seperti mengalir hingga belakang dengan desain sedikit lebih gemuk. Hal tersebut demi menopang pusat gravitasi yang lebih rendah. Lampu belakang LED berbentuk huruf U horizontal demi menampilkan kesan modern.

Keseluruhan, penampilannya lebih agresif dibanding pendahulunya. Berbagai terapan dilakukan untuk menunjang faktor aerodinamis, namun tetap menunjukan elegansi sedan.

Mesin
Jantung pacu QR25DE yang dipadu transmisi CVT, kini memiliki kemampuan lebih optimal di putaran bawah-menengah. Hasilnya diklaim mampu meningkatkan efisiensi pembakaran dan emisi. Tujuannya, bisa lincah di wilayah perkotaan dengan akselerasi bawah yang responsif, namun dapat diandalkan saat menyalip kendaraan lain di jalan bebas hambatan, dalam kecepatan tinggi.

Efek gesekan di area mesin diminimalisasi hingga 40 persen, untuk melancarkan proses pengadaan tenaga dengan pengunaan bahan bakar seefisien mungkin. Hal tersebut terwujud hasil pembaruan suku cadang di dalamnya. Plus penyesuaian mesin dengan rasio gigi transmisi mampu menghasilkan akselerasi lebih baik.

Kenyamanan
Para eksekutif berjiwa modern tentu butuh banyak keunggulan premium yang berkualitas. Khusus kursi depan dipasangi teknologi anti pegal untuk perjalanan jauh, yang disebut "Spinal Support". Bantalan senderan kursi unik diklaim mampu mengurangi ketegangan tulang punggung, menyokong tubuh dengan nyaman.

Ruang kepala dan kaki menghadirkan kelegaan kabin yang ikut menunjang kenyamanan, meski atap direndahkan. Akses masuk kabin pun tidak menemui kendala terutama untuk ukuran pria dengan tinggi 170 cm. Getaran dalam kabin dikurangi dan tingkat kesenyapan ditingkatkan, percakapan dalam kabin bisa dilakukan tanpa harus menambah volume suara.

Kelengkapan unggulan kenyamanan lain adalah, Active Trace Control yang membantu pengemudi saat keluar masuk tikungan dengan bantuan rem otomatis.

Keselamatan
Perlengkapan keamanan All-New Teana terdiri dari, sistem lampu otomatis (terintegrasi dengan sensor cahaya dan "wiper" depan), Vehicle Dynamic Control, Emergency Locking Retractor, kantung udara di setiap sisi kabin depan termasuk atap, Cruise Control, ABS, EBD, dan BA.

"Mobil ini unggul di Amerika Serikat yang punya kemiripan dengan karakteristik pasar Indonesia. Melihat potensi pasar sedan yang tetap stabil, kami yakin bisa mengungguli kompetitor," tegas Horigome.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com