Kompas.com - 11/03/2014, 16:31 WIB
Yamaha SR400, bakal ikon baru Yamaha di segmen klasik. motorcycledailyYamaha SR400, bakal ikon baru Yamaha di segmen klasik.
|
EditorAris F. Harvenda

California, KompasOtomotif – Beberapa produsen lain sudah merasakan "gurihnya" pasar model kuno alias old school. Namun Yamaha tak begitu agresif dalam menanggapi tren tersebut. Tapi, langkah inisiatif untuk menguatkan segmen ini diambil oleh Yamaha Amerika, dengan menghadirkan SR400, sepeda motor sport berwajah retro, yang mulai dijual Juni 2014.

Seberapa retro? Ditegaskan SR400 bernuansa sangat kuno. Modelnya menganut aliran lama dengan desain simpel. Lampu depan, sein, spidometer berbentuk bulat. Tangki tak neko-neko, dipadu penutup aki yang juga simpel. Setang pendek, dikawinkan dengan kaca spion bermodel kuno tanpa sudut.

motorcycledaily SR400 punya ciri khas retro, tanpa tombol starter.

Tanpa tombol starter
Sepeda motor ini digerakkan oleh mesin 399cc injeksi satu silinder berpendingin udara dengan dua katup, SOHC. Diklaim, mesin ini bertorsi besar, membuat SR400 punya karakter meledak-ledak di putaran bawah dan enak diajak ngebut.

Nuansa retro sangat kental dengan tidak dipasangnya tombol starter elektrik di setang. Ingin menghidupkan mesin, pengendara harus menggunakan pedal starter. Meski demikian, Yamaha menyelipkan teknologi baru dengan melepas kompresi ketika proses starter agar pengendara tak membutuhkan banyak tenaga.

motorcycledaily Bobotnya ringan, membuat Yamaha SR400 sangat lincah dikendalikan.

Ringan
Bobot secara keseluruhan cukup ringan, hanya 174 kg. Hal ini didapat dari rangka yang simpel, didukung dengan maksimalisasi peranti yang digunakan. Pengendara pemula semakin dimanja dengan tinggi jok ke tanah yang cuma 78 cm. Diklaim, paket itu membuat sepeda motor sangat lincah diajak meliuk.

Yamaha SR400 akan dijual di Amerika dengan harga 5.990 dollar AS atau setara Rp 68 juta, dengan hanya satu warna yang tersedia, hitam pekat. Disinyalir, benua lain juga akan mencicipi kegesitan masa lalu produsen berlogo garputala ini, termasuk Asia dan Eropa.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X