Menguji Ketangkasan "Kaki-kaki" Strada Triton Hi-Power

Kompas.com - 04/03/2014, 15:49 WIB
Mitsubishi Strada Triton Hi-Power melintasi rintangan di trek off-road ringan KompasOtomotif-Aris HarvendaMitsubishi Strada Triton Hi-Power melintasi rintangan di trek off-road ringan
|
EditorAris F. Harvenda
Medan, KompasOtomotif - Sebagai pikap kabin ganda yang ditujukan untuk medan pertambangan dan perkebunan, Mitsubishi Strada Triton Hi-Power juga harus punya kemampuan berinteraksi di lintasan off-road. Proses tersebut dilakukan usai peluncuran resmi di Cemara Asri, Medan, Sumatera Utara, akhir pekan lalu.

Panitia membuat trek buatan sepanjang 800 m untuk mencoba ketangkasan daya jelajah Triton Hi-Power. Kebetulan KompasOtomotif dapat jatah varian manual. Begitu masuk kabin, sudah ada instruktur yang menemani di bangku penumpang depan. Beberapa arahan langsung diberikan, mengenai menu jalan dan kelengkapan yang dimiliki.

KompasOtomotif-Aris Harvenda Sistem gerak 4 roda Triton Hi-Power sangat mumpuni
Sebelum dimulai instruktur menganjurkan untuk menggunakan sistem gerak roda 4L, dengan alasan kondisi yang cukup ekstrem. Untuk mengaktifkannya, syarat utama mobil harus dalam kondisi diam. Lalu arahkan tuas ke posisi sesuai petunjuk. Untuk memastikan mode 4L sudah aktif bisa dilihat dari indikator di panel meter.

Menatap Langit
Rintangan pertama yang dihadapi adalah melewati gundukan tanah setinggi 2 meter lebih. Tanjakan sangat terjal sekitar 45 derajat. Untuk menaklukkannya, tuas persnelling diposisikan ke gigi 1. Lepas kopling perlahan, bersamaan dengan menekan pedal gas, hingga mobil melaju dengan sendirinya (tanpa digas). Secara otomatis sistem gerak yang dimiliki akan memanjat dengan pasti. Sebelum memulai instruktur memastikan bahwa arah mobil sudah tepat. Karena saat mulai menanjak pengemudi tidak bisa melihat jalan yang dilalui dan hanya melihat langit.

KompasOtomotif-Aris Harvenda Triton Hi-Power aman melibas genangan hingga menutupi bemper depan
Setelah di atas, posisi gigi masih sama, pedal gas belum diijinkan untuk ditekan. Sebab, langsung menghadapi turunan yang cukup curam meski tidak seekstrem saat menanjak. Secara otomatis kecepatan akan diatur sehingga tidak perlu melakukan pengereman.

Minus
Tak jauh dari turunan tersebut sudah menanti lintasan dengan kondisi lubang yang cukup dalam di satu sisi (minus). Kondisi gigi tetap dipertahankan dan tekanan pedal gas kembali dilepas. Saat ban sebelah kanan masuk lubang, mobil langsung miring 45 derajat dan tetap stabil melaju dengan kecepatan rendah (tak sampai 10 kpj). Dilanjutkan kini posisi ban sebelah kiri yang masuk lubang.

KompasOtomotif-Aris Harvenda Traksi Triton Hi-Power terdistribusi dengan baik
Tak kalah seru  dan menjadi rintangan terakhir adalah saat pikap kabin ganda ini diarahkan menuju kubangan buatan dengan kedalaman sekitar 60 cm. Bemper depan langsung terendam saat masuk kubangan. Setelah semua body masuk ketinggian air menutupi tigaperempat pelek. Ternyata dengan kondisi tersebut, Strada Triton Hi-Power mempu melintasi tanpa halangan. Cocok juga buat banjir ringan nih.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.