Avanzanation Journey 2014 [Barat]

Avanzanation Journey Buka Posko dan Pasok Obat untuk Korban Sinabung

Kompas.com - 11/02/2014, 18:42 WIB
|
EditorAris F Harvenda

Berastagi, KompasOtomotif – Rombongan Avanzanation Journey wilayah Barat singgah di Berastagi sejak kemarin (10/2/2014). Sebelumnya, tim melakukan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dengan memberi bantuan untuk korban Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, dengan membuka posko sekaligus memberikan obat-obatan yang diperlukan.

Posko utama hasil kerjasama dengan PMI setempat, memanfaatkan gedung KNPI di daerah Saban Jahe, Berastagi, Sumatera Utara, dengan jarak sekitar 15 km dari kaki Gunung Sinabung. Tempat ini akan dijadikan sebagai posko utama dan lokasi penyimpanan stok obat-obatan yang akan didistribusikan ke lebih dari 30 titik pengungsian.

Di posko ini, terdapat lebih dari 50 kepala keluarga yang mengungsi, termasuk anak-anak. Mereka bisa berkonsultasi kesehatan gratis, sekaligus mendapat penanganan penyakit dari dokter dan tim relawan PMI.

Tim menyiapkan obat-obatan ISPA (infeksi saluran pernapasan) yang menjadi penyakit paling banyak diderita para pengungsi. Selain itu, diberikan juga obat penyakit campak, karena ternyata wabah yang disebabkan infeksi virus tersebut banyak diderita pengungsi.

Sebagian dari rombongan Avanzanation turut meninjau kondisi terakhir aktivitas gunung hingga jarak 7 km dari puncak Sinabung. Akses menuju lokasi tersebut cukup berat dengan kontur jalan naik-turun terjal. Ditambah angin kencang yang meniup debu vulkanis, efek letusan beberapa waktu lalu, membuat tim harus selalu waspada.

Kondisi jalan di beberapa tempat ada yang tergolong cukup rusak dan berlubang. Bahkan ada beberapa lokasi yang tertutup lapisan debu vulkanis yang tebal. Namun berkat tenaga dan sistem gerak roda belakang dan ground clearance 200 mm yang dimiliki Avanza, tantangan tersebut mudah dilalui.

Setelahnya, perjalanan rombongan wilayah Barat dilanjutkan ke pusat kota Berastagi untuk menungujungi spot-spot bersejarah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.