Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Avanzanation Journey 2014 [Barat]

Avanzanation Journey Buka Posko dan Pasok Obat untuk Korban Sinabung

Kompas.com - 11/02/2014, 18:42 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Berastagi, KompasOtomotif – Rombongan Avanzanation Journey wilayah Barat singgah di Berastagi sejak kemarin (10/2/2014). Sebelumnya, tim melakukan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dengan memberi bantuan untuk korban Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, dengan membuka posko sekaligus memberikan obat-obatan yang diperlukan.

Posko utama hasil kerjasama dengan PMI setempat, memanfaatkan gedung KNPI di daerah Saban Jahe, Berastagi, Sumatera Utara, dengan jarak sekitar 15 km dari kaki Gunung Sinabung. Tempat ini akan dijadikan sebagai posko utama dan lokasi penyimpanan stok obat-obatan yang akan didistribusikan ke lebih dari 30 titik pengungsian.

Di posko ini, terdapat lebih dari 50 kepala keluarga yang mengungsi, termasuk anak-anak. Mereka bisa berkonsultasi kesehatan gratis, sekaligus mendapat penanganan penyakit dari dokter dan tim relawan PMI.

Tim menyiapkan obat-obatan ISPA (infeksi saluran pernapasan) yang menjadi penyakit paling banyak diderita para pengungsi. Selain itu, diberikan juga obat penyakit campak, karena ternyata wabah yang disebabkan infeksi virus tersebut banyak diderita pengungsi.

Sebagian dari rombongan Avanzanation turut meninjau kondisi terakhir aktivitas gunung hingga jarak 7 km dari puncak Sinabung. Akses menuju lokasi tersebut cukup berat dengan kontur jalan naik-turun terjal. Ditambah angin kencang yang meniup debu vulkanis, efek letusan beberapa waktu lalu, membuat tim harus selalu waspada.

Kondisi jalan di beberapa tempat ada yang tergolong cukup rusak dan berlubang. Bahkan ada beberapa lokasi yang tertutup lapisan debu vulkanis yang tebal. Namun berkat tenaga dan sistem gerak roda belakang dan ground clearance 200 mm yang dimiliki Avanza, tantangan tersebut mudah dilalui.

Setelahnya, perjalanan rombongan wilayah Barat dilanjutkan ke pusat kota Berastagi untuk menungujungi spot-spot bersejarah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com