Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Avanzanation Journey 2014 [Tengah]

Kota Khatulistiwa jadi Saksi Dimulainya Petualangan Avanzanation Journey Wilayah Tengah

Kompas.com - 11/02/2014, 08:28 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Pontianak, KompasOtomotif - Rombongan Avanza petualang "Avanzanation Journey 2014" wilayah Indonesia tengah mulai bergerak dari kota khatulistiwa, Pontianak, Senin (10/2/2014). Sebelum berangkat, tim diberikan sambutan meriah dengan atraksi barongsai karena memang masih dalam suasana Imlek.

Rombongan Avanzanation Journey wilayah Indonesia Tengah dilepas langsung oleh LT Susanto, Presiden Direktur Anzon Plaza, didampingi oleh Dimas Aska, Head of Media Relation PT Toyota Astra Motor (TAM). "Rombongan Avanzanation Journey hari ini ditemani sepuluh anggota komunitas Avanza," jelas Dimas di sela pelepasan rombongan.
Dalam atraksi khas Tionghoa itu, setiap rombongan juga berkesempatan memberikan angpao pada barongsai. "Ini hanya sekedar tanda ucapan terima kasih karena sudah dilantunkan doa keselamatan untuk perjalanan bersejarah ini," imbuh Dimas.

Perjalanan di mulai dengan city tour ke beberapa titik landmark Pontianak, seperti Kesultanan Kadariah dan Tugu Khatulistiwa. Meski kondisi matahari cukup menyengat dengan suhu 33 derajat celcius, seluruh peserta dan komunitas yang ikut mendampingi iring-iringan rombongan Avanzanation Journey tetap semangat.
Monumen Tugu Katulistiwa
Tugu Katulistiwa merupakan lokasi di mana garis khatulistiwa melintang di bumi. Titik ini ditetapkan rombongan ekspedisi dari Belanda, Maret 1928. Semula lokasi ini ditandai dengan tonggak dengan tanda panah di atasnya. Pada 1930, tugu direnovasi dengan penambahan lingkaran di bagian atas dan kembali diperbaiki dengan kayu belian setinggi 4,4 meter, delapan tahun kemudian (1938).

Kini, lokasi tersebut menjadi Monumen Tugu Khatulistiwa, diresmikan Gubernur Kalimantan Barat Parjoko Suryokusumo, 21 September 1991. Sekarang, kompleks Tugu Khatulistiwa merupakan warisan bangsa dan dilindungi hukum sesuai Undang-Undang No 5 Tahun 1992 tentang Benda Cagar Budaya.

CSR
Selain city tour, rombongan juga berencana melakukan kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) membagi perlengkapan pendidikan bagi Desa Saham, Kabupaten Landak, Pontianak, kemudian bertolak ke Singkawang.

Widyawati Soedigdo, General Manager Corporate Planning and Public Relation, Toyota Astra Motor (TAM), dalam kesempatan terpisah menyatakan, "Selepas kick off, tim Avanzanation Journey menuju ke Kampung Saham di Kabupaten Landak, Pontianak. Di sana tim Avanzanation Journey bersama dengan komunitas dan dealer Toyota setempat ikut membantu pengadaan fasilitas pendidikan berupa buku-buku untuk perpustakaan di Rumah Panjang di sana. Tidak kurang 100 buku lengkap dengan 2 lemari, serta 1 unit meja baca besar diberikan. Diharapkan dapat menjadi nilai lebih bagi masyarakat disana, khususnya generasi muda."

Selain itu, lanjut Widyawati, di Rumah Panjang yang usianya lebih 100 tahun ini mayoritas warganya adalah petani karet. Dan pada kesempatan ini, selain memberikan bantuan pendidikan tim Avanzanation Journey turut menyumbangkan sembako dan bola lampu untuk kebutuhan warga disana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com