Banderol Suzuki Inazuma di India Lebih Mahal

Kompas.com - 21/01/2014, 14:32 WIB
Suzuki Inazuma di India. Model dan spesifikasinya sama, harga jauh beda. XbhpSuzuki Inazuma di India. Model dan spesifikasinya sama, harga jauh beda.
|
EditorAris F. Harvenda

New Delhi, KompasOtomotif — Setelah lama ”digantung”, akhirnya Suzuki Motorcycle India Limited (SMIL) meluncurkan Inazuma di New Delhi Auto Expo, Selasa (21/1/2014). Sepeda motor model touring ini memang tak lagi baru. Spesifikasi dan tampangnya cukup familiar. Yang menarik adalah harga yang dipatok cukup tinggi, mencapai 3,10 lakh atau setara Rp 61,1 juta!

Dengan spesifikasi yang sama, perbedaan harga dibandingkan Inazuma di Indonesia lebih dari Rp 12 juta. Sementara itu, Inazuma di Negeri Paman Sam dihargai sekitar Rp 48 juta. Tentu saja, harga ”wow” ini membuat biker India banyak mencibir di laman Facebook dan media sosial lain.

Sindiran yang mengalir bahkan sudah dilakukan jauh sebelum seremoni peluncuran. Salah satu sindirannya, hanya tambah uang sedikit, sudah bisa boyong Ninja 300 yang dijual 3,94 lakh (Rp 77 juta), atau turun sedikit ke KTM Duke 390 dengan harga 2,07 lakh (Rp 40-an juta).

Motorbeam mengabarkan, SMIL sangat percaya diri dengan harga tersebut. Inazuma dikatakan sebagai sepeda motor yang mampu menawarkan keunikan berkendara. Selain dua knalpot yang dipasang di kanan-kirinya, sepeda motor tersebut juga mewarisi trah B-King, salah satu big bike touring yang cukup sukses di dunia.

”Kami memilih jalur perakitan lokal dengan impor komponen (CKD) dari China untuk Inazuma. Targetnya, menarik minat anak muda, penggemar fanatik sepeda motor, dan mahasiswa di kawasan urban. Warna yang ditawarkan hitam dan merah,” kata Atul Gupta, Presiden SMIL.

Nama tetap dipertahankan dan sama seperti di Indonesia, sedangkan di sebagian negara lain menggunakan sebutan GW250.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X