Kompas.com - 06/01/2014, 19:05 WIB
Chevrolet Stingray 2015 Performance Data Recorder (Tampilan Sport Mode) Automotive NewsChevrolet Stingray 2015 Performance Data Recorder (Tampilan Sport Mode)
|
EditorZulkifli BJ
Las Vegas, KompasOtomotif - Chevrolet melengkapi Corvette Stingray - diluncurkan tahun ini - dengan fitur Performance Data Recorder (PDR) untuk merekam video sekaligus menampilkan performa mesin seperti video game.

"PDR ini menggabungkan kemampuan merekam dan mengunggah video seperti telemetri yang digunakan para profesional di dunia balap," jelas Tadge Juechter, Kepala Insinyur Corvette di Consumer Electronics Show, Las Vegas, Minggu (5/1/2014).


Motorauthority Chevrolet Stingray 2015
PDR dibuat oleh Cossworth dan perusahaan rekayasa balap mobil untuk tim Corvette Racing di Inggris.

Komponen

PDR terdiri dari 3 komponen penting yang sudah terintegrasi pada interior Corvette Stingray. Pertama, kamera HD atau definisi tinggi yang dipasang di atas kaca depan bagian dalam. Fungsinya, merekam dari sudut penglihatan pengemudi disertakan pula perekam audio untuk mengabadikan ekspresi suara dalam kabin.

Kedua, alat yang bekerja dengan memanfaatkan GPS untuk mengakses informasi, seperti kecepatan, putaran mesin, posisi percepatan transmisi, pengeraman, dan sudut setir.  

Ketiga, seluruh data disimpan di SD-Card agar gampang dipindahkan ke komputer dengan kapasitas 8 Gigabyte (GB) atau bisa merekam sampai 200 menit, sementara 32 GB 800 menit.

Chevyhiperformance Chevrolet Stingray 2015 Performance Data Recorder
Mode
Pengemudi bisa memilih tiga jenis tampilan video pada layar Head Unit di dasbor. Track mode menampilkan seluruh data, termasuk kecepatan, rpm, gravitasi, lokasi mobil pada peta digital, waktu putaran, dan lainnya.

Sport mode, lebih detail dibanding Track mode, juga menampilkan data kecepatan dan gravitasi. Touring mode, hanya merekam dan menampilkan video berikut audio, tanpa menyimpan data. Sementara Performance mode bisa untuk merekam data akselerasi 0-100 kpj saat dikebut di lurus 400 meter.

Hasil rekaman bisa dilihat seusai beraksi atau diunduh untuk proses edit dan diunggah ke media sosial.

 
"Dengan mengetahui putaran mesin, pengemudi bisa memperbaiki waktu lap berikutnya. Kondisinya, seperti punya kru 32 GB di pinggir trek yang selalu menginformasi catatan waktu setiap lap," tutup Juechter.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.