Kompas.com - 06/01/2014, 18:24 WIB
TVS akan siap dengan model semi-trail 125cc untuk menggempur segmen kosong. Donny AprilianandaTVS akan siap dengan model semi-trail 125cc untuk menggempur segmen kosong.
|
EditorAris F. Harvenda

Jakarta, KompasOtomotif – TVS terus mencari celah untuk bertahan dan berkembang di Indonesia. Setelah menelurkan skutik, Dazz, awal 2013 dan cukup sukses, maka tahun ini merek asal India itu membidik segmen lain. Disiapkan sepeda motor semi-trail 125cc untuk daerah-daerah yang berkembang dengan usaha perkebunan.

Menurut Herry Budijanto, Chief Marketing Officer TVS Motor Company Indonesia (TMCI), segmen baru ini akan hadir dua varian, on road dan off road. ”Selama ini orang kenal merek Jepang, itu pun Rp 25 juta. Padahal, untuk pegawai perkebunan, ekspektasi sepeda motor di jenis ini tak hanya tangguh, tapi juga murah. Untuk itu kami menyediakannya,” terangnya Senin (6/1/2014).

Herry yakin, strategi baru yang dihadirkan untuk konsumen daerah ini bakal sukses. Apalagi, segmen semi-trail yang murah belum ada yang mengisi. Otomatis TVS akan bermain sendirian dengan banderol yang terjangkau. Meski belum resmi, Herry yakin kisaran di Rp 12,5-13 juta on the road Jakarta.

Dijelaskan, harga varian on road dan off road tidak akan jauh berbeda. Benang merahnya, untuk mendapatkan sepeda motor segala medan tidak perlu lagi memodifikasi.

Tidak Ekstrem
Lalu, seperti apa tampang sepeda motor semi-trail? Herry menggambarkan tidak akan terlalu ekstrem seperti spesifikasi trail pada umumnya. Yang jelas ground clearance tinggi, menggunakan sasis khusus model trail, ditunjang suspensi yang mendukung dan ban all-terrain. Sedangkan mesin pakai milik Phoenix yang dipasarkan di India.

Teknologi yang diterapkan pun tidak terlalu tinggi. TMCI memutuskan tidak akan menyematkan model ini dengan sistem injeksi bahan bakar, karena peruntukan sepeda motor yang digunakan di pelosok menjadi pertimbangan.

”Nggak mungkin injeksi, karena perawatan akan sulit jika di daerah-daerah perkebunan dan terpencil. Yang jelas, sepeda motor ini khusus dikembangkan untuk pasar Indonesia. Di India sendiri belum ada. Kami melihat adanya kebutuhan yang sangat besar,” tukas Herry.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.