Kompas.com - 02/01/2014, 16:14 WIB
|
EditorAris F. Harvenda
Delhi, KompasOtomotif - Datsun mulai "road show" untuk model perdana, Go, di beberapa kota besar India, seperti New Delhi, Chennai, dan Mumbai sejak Desember 2013. Diharapkan bisa berinteraksi langsung dengan calon konsumen, mempersilahkan mereka untuk melihat langsung, menyentuh, dan merasakan model perdana tersebut.

"Penjualan dimulai Maret atau April 2014 di India," tukas Ajay Raguhavanshi, Wakil Presiden Manajemen Bisnis Nissan Motor India dilansir Indiautosblog, pekan lalu.

Untuk tahap awal, masih mengandalkan satu varian bermesin bensin untuk India. Padahal, mayoritas warga lebih banyak yang mengonsumsi solar. Selain lebih irit, harga solar relatif lebih murah ketimbang bensin.

"Saya tidak menampik pentingnya pasar diesel (di India), kami mencoba memulai dengan rendah hati lewat varian bermesin bensin. Kami mau mengambil pangsa pasar dari segmen tersebut dan itu hal terpenting," lanjut Ajay.

Jaringan Pemasaran
Bicara urusan pemasaran, sama dengan strategi Datsun Indonesia dengan menumpang jaringan Nissan. Sampai akhir 2013, Nissan ditargetkan mengoperasikan 145 jaringan pemasaran. "Semua jaringan ini berhak ikut berjualan Datsun. Kami menyebutnya sebagai konsep 'shop-in-shop'," jelas Ajay.

Untuk tahap awal, konsentrasi pemasaran tetap di kota-kota besar. Tapi, sembari mengembangkan juga jaringan secara independen ke kota tingkat II dan III. Kota besar menjadi kunci utama sukses atau tidaknya satu model baru yang dipasarkan ke India.

"Kota tingkat II atau III punya peran penting untuk mobil dengan ukuran lebih kecil. Penjualan di daerah komposisinya mencapai 20 persen terhadap total nasional," beber Ajay.

Lima Penumpang
Ajay menegaskan kalau Go merupakan kendaraan dengan daya tampung lima penumpang. Ikhwalnya, ada yang menanyakan soal desain bangku depan yang menyatu, memungkinkan orang ketiga duduk di antara pengemudi dan penumpang.

"Desain paket kabin depan yang ditawarkan, adalah untuk menaruh barang bawaan pengemudi, penumpang depan, dan menawarkan area lebih luas ruang lengannya," tutup Ajay.

Datsun Bangku depan saling menyambung antara pengemudi dan penumpang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.