Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tematis Audio

Suasana Bioskop di Kabin Mobil

Kompas.com - 29/12/2013, 11:15 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Menggemari film bisa diekspresikan lewat berbagai cara. Salah satu yang sering dilakukan adalah memindahkan home theatre ke kabin mobil. Jenis mobil apa pun bisa ”dibioskopkan”, termasuk sedan. Tidak harus dengan spesifikasi audio dahsyat, yang penting ada monitor dan suara ”surround”.Donny Apriliananda Jok nyaman sebagai pendukung bioskop dalam mobil.

”Kalau layar monitor soal selera. Kalau mau di sedan ya cukup model headrest saja, tapi suaranya bisa dahsyat. Kebanyakan memang di MPV. Pasang monitor minimal 9 inci, letakkan di atap. Tapi yang penting kabinnya dimaksimalkan dulu,” kata Sutomo, instalator SN Audio di Tebet, Jakarta Selatan.

Maksudnya, harus ada sentuhan khusus untuk kabin untuk mendukung car theatre. Begini sarannya:
1. Sesuaikan layar monitor dengan luas kabin, tidak usah muluk-muluk. Kebesaran justru membuat mata capek. Yang penting jelas dan suaranya mendukung.

2. Atur jarak pandang antara monitor dengan posisi duduk. Kalau menggunakan layar besar, sebaiknya posisi duduk agak menjauh. Bila perlu, copot kursi baris ke-2 untuk MPV. ”Nontonnya dari baris ketiga,” sambar Sutomo.

3. Bangun suasana nyaman dalam mobil mirip di bioskop. Misalnya dengan lighting mumpuni, atau kursi nyaman. Pasang tirai bila perlu.

4. Pasang peredam suara! Sangat perlu untuk mengurangi suara yang masuk dari luar untuk memaksimalkan kenikmatan menonton film.

5. Dari sisi teknis, pakai penguat suara (power amplifier) minimal enam channel. 4 channel bisa dibagi untuk masing-masing speaker, dan dua channel khusus untuk subwoofer.

6. Jika ingin suara lebih bertenaga, sebaiknya amplifier speaker dan subwoofer dibuat terpisah. Khusus subwoofer, direkomendasikan memakai penguat berjenis monoblock karena dayanya lebih besar.

7. Untuk alasan keamanan, sistem home theatre dibuat independen, tidak bisa ditampilkan di layar pada dashboard. Penting agar pengemudi tetap berkonsentrasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com