Yuk Mengemas Barang Bawaan yang Aman di Mobil

Kompas.com - 26/12/2013, 14:49 WIB
Pasang roof box jadi langkah bijak tambah volume bagasi Aris F. HarvendaPasang roof box jadi langkah bijak tambah volume bagasi
|
EditorAris F. Harvenda
Jakarta, KompasOtomotif - Barang bawaan sering kali jadi PR saat hendak bepergian menggunakan mobil. Apalagi jika volume bagasi terbatas, sementara barang yang dibawa cukup banyak. Terkadang kabin ikut disesaki barang tersebut. Sialnya terkadang hal tersebut dapat berpengaruh pada kenyamanan penumpang bahkan mengganggu pengemudi, yang berpotensi menyebabkan kecelakaan.
Aris F. Harvenda Sesuaikan volume bagasi dengan tas atau koper
Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menyusun barang bawaan agar tidak mengganggu pengemudi dan kenyamanan penumpang. Terutama MPV yang diisi 7 penumpang sehingga menyisakan bagasi terbatas. Robby, instruktur IDDC berbagi tips mengenai hal ini, ketika diwawancara KompasOtomotifbeberapa waktu lalu.

1. Memilah barang. Buat daftar barang yang akan dibawa, bijak memilih barang sesuai kebutuhan. Langkah selanjutnya memilih koper atau tas yang sesuai dengan kondisi bagasi. Jangan paksakan menggunakan koper berukuran besar jika tidak muat masuk bagasi.

2. Jangan menghalangi pandangan. Banyaknya barang yang harus dibawa terkadang memaksa penumpang untuk meletakkan barang hingga menutupi kaca belakang. Hal ini kerap terjadi pada hatchback. Ruang sisa di belakang sandaran kepala penumpang belakang kerap diisi barang. Nah, hal ini bisa menghalangi pandangan belakang pengemudi dari spion tengah.

Untuk mengamankan bawaan agar tidak jatuh saat pintu belakang dibuka (biasanya MPV) bisa menggunakan tambahan cargo net. Bisa ditemui di toko aksesori dengan banderol mulai Rp 200.000 - 300.000.

3. Bagasi tambahan. Manfaatkan penggunaan roof box untuk menyimpan barang yang sudah tak mampu dimasukkan. Bila belum tersedia roof rack, pastikan Anda membeli pendukung pemasangan box berupa pengait yang sesuai. Jangan paksa mengikat barang di atas atap tanpa box, meski ada roof rack. Karena bisa mengurangi stabilitas berkendara dan basah ketika diguyur hujan. Jika ditutup terpal bisa mengganggu kenyamanan karena cenderung berisik saat diterpa angin.

4. Kompartemen tambahan. Untuk barang bawaan kabin pastikan tidak terlalu besar agar tidak membuat sesak. Jika membawa minuman pastikan ditempatkan di glove box yang memang disediakan untuk gelas atau botol minuman. Jika kurang bisa memanfaatkan kompartemen tambahan yang biasanya diikatkan di sandaran belakang. Aftermarket tersebut bisa didapat di toko aksesoris dengan harga mulai Rp 100.000.

5. Ruang kemudi steril. Jangan letakkan barang-barang di ruang kemudi, seperti dasbor. Untuk konsol tengah jangan terlalu berlebihan dan pastikan tidak menggangu pengemudi menjangkau tuas pernelling dan rem parkir.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.