Harga "Mobil Murah" Segera Naik!

Kompas.com - 24/12/2013, 07:18 WIB
Harga bahan baku jadi naik karena nilai rupiah makin merosot Zulkifli BJHarga bahan baku jadi naik karena nilai rupiah makin merosot
|
EditorZulkifli BJ


Jakarta, KompasOtomotif
 — Bagi Anda yang ingin membeli mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC), segera pesan dan pastikan transaksi. Pasalnya, label "murah" pada produk ini segera sirna menyusul rencana untuk menaikkan harga yang sedang dipersiapkan pemerintah dan APM.

Harga dasar yang ditentukan oleh pemerintah Rp 95 juta off-the road ternyata menurut tiga APM yang memasarkan, yaitu Toyota, Daihatsu, dan Suzuki, sudah membuat mereka berteriak karena nilai tukar rupiah yang semakin loyo terhadap dollar AS. Sementara itu, bahan baku diimpor dan harus dibayar dengan dollar. Begitu kurs sedikit bergerak, keuntungan produsen langsung menciut.

"Saat ini, mereka (Toyota, Daihatsu, dan Suzuki) jual rugi. Semua sudah berteriak. Jadi, waktu beli LCGC yang tepat, ya sekarang!" ujar Budi Darmadi, Dirjen Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian (Kemenperin), di Kantor Pusat Kemenperin, Jakarta Selatan, Senin (23/12/2013).

"Januari nanti saya konsultasi dengan beberapa ekonom nasional menilai kondisi ini. Hitungan meleset karena dollar AS terus menguat," lanjut Budi.  

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X