Merasakan Kenyamanan CVT Grand Livina di Nusa Dua

Kompas.com - 07/06/2013, 16:04 WIB
@Pantai Pandawa, Nusa Dua, Bali. Agung Kurniawan@Pantai Pandawa, Nusa Dua, Bali.
EditorAris F Harvenda

Nusa Dua, KompasOtomotif - Awal minggu ini (3-5/06-2013), PT Nissan Motor Indonesia (NMI) mengajak sejumlah wartawan mencoba lagi All-New Grand Livina di Nusa Dua, Bali. MPV 7-pneumpang ini mengalami perubahan teknis, yaitu mesin dengan injektor ganda dan transmisi CVT (otomatis). Penyegaran juga dilakukan pada eksterior dan interior. 

Disediakan 12 unit Grand Livina! Setiap unit berisi 4 orang. KompasOtomotif langsung mencoba tipe SV di hari pertama, dari Thai Resto De Opera menuju Hotel Mulia di Nusa Dua. Terasa nyaman dengan pandangan ke depan dan samping  yang terasa luas. Setir yang bisa dinaik-turunkan, jugan membantu kenyamanan pengemudi saat bekerja..  

Lembut
Dengan gerak roda depan, Grand Livina memberi kenyamanan seperti sedan. CVT membuat perpindahan gigi  berlangsung mulus. Suguhan rute kali ini, lengkap dengan kemacetan khas pulau Dewata menjelang musim liburan 

Ketika pedal gas diinjak lebih dalam, mobil 7-penumpang ini langsung melesat lembut. Tenaga sangat terasa ketika mesin bekerja pada 3.800 rpm. Untuk mendapatkan tarikan yang lebih responsif, bisa dengan menekan tombol sport di sisi kanan tuas transmisi (dilengkapi dengan indikator di panel instrumen). Pada kondisi, gigi turun satu tingkat,namun  putaran mesin naik. 

Interior
Hari kedua,, KompasOtomotif memilih menjadi penumpang depan. Rute yang ditempuh, Hotel Mulia menunju Desa Budaya Kertalangu, Denpasar Timur. Kondisi jalan, jalur lurus dan persimpangan lampu merah plus kemacetan. 

Duduk di depan, bisa merasakan kenyamanan dengan baik. Sistem audio 1-DIN yang bisa memutar CD dan radio, lumayan untuk memberi hiburan selama perjalanan. Juga tersedia konektor USB, "Aux In" untuk  MP3 Player dan DVD. Tayangan film ditampilkan melalui layar 10 inci di tengah dasbor. 

Dari Kertalangu, rombongan kembali ke Nusa Dua, kali ini ke Pantai Pandawa. KompasOtomotif pindah ke bangku baris ketiga. Untuk akses masuk cukup praktis, hanya dengan menarik tuas di atas jok tengah yang berfungsi untuk melipat sembari menggeser ke depan. 

Duduk di bangku baris ketiga, lutut wajib ditekuk 90 derajat kendati bisa digerakkan ke kanan dankiri. Supaya lebih nyaman, jok baris kedua perlu digeser maju sedikit. Jok baris ketiga ini, lebih cocok untuk anak-anak ketimbang orang dewasa!

Dari Pantai Pandawa, rombongan kembali ke Hotel Mulia dan bersiap makan malam di Seminyak, KompasOtomotif menemukan satu kekurangan lagi - perlu dipikirkan Nissan Indonesia - khususnya untuk penumpang depan, tidak ada lampu baca.  

Konsumsi BBM
Selama dua hari, tripmeter diset dari nol  Ternyata test drive ini jarak tempuhnya 79,8 km. Dengan empat pengemudi yang berbeda, kondisi jalan yang mirip dengan perkotaan, indikator konsumsi bahan bakar  Grand Livina mencatat  6,6 kpl. Pada kondisi tersebut, semua pengemudi  tidak mengaktifkan "Eco Driving". 

Foto-foto:All-New Grand Livina    

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X