Mau Aman Naik Sepeda Motor Lakukan Ini

Kompas.com - 16/05/2013, 16:17 WIB
Usahakan memakai jaket warna terang atau bisa memantulkan cahaya di malam hari. Usahakan memakai jaket warna terang atau bisa memantulkan cahaya di malam hari.
EditorAris F Harvenda

Jakarta, KompasOtomotif – Banyak kecelakaan terjadi malam hari atau bahkan siang antara mobil dan sepeda motor, gara-gara sepeda motor ”tak terlihat”. Itulah sebabnya, Undang- Undang no 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan mewajibkan pengendara sepeda motor menyalakan lampu siang hari atau berjaket warna terang agar mudah dilihat.

Namun, selain dua hal tersebut, masih ada beberapa faktor lain membuat kendaran roda dua lebih mudah dilihat kendaraan lain terutama mobil. Berikut beberapa tips yang dirangkum dari lansiran about.com, dikombinasikan aturan dalam Undang-Undang dan arahan Ditlantas Polda Metro Jaya:

1. Kenali blind spot mobil. Ini adalah area yang tak terlihat oleh pengemudi mobil, kira-kira berada di antara pillar A dan C mobil, di atas sudut 45 derajat pengemudi/ bergantung spesifikasi spion mobil (lihat gambar). Usahakan tidak berada di area itu dan jangan pernah berasumsi orang lain sudah melihat kita.

2. Sepeda motor warna hitam memang tampak ”cool”, tapi biasanya akan ”mati” dan tidak mudah terlihat karena mudah bercampur dengan kegelapan  malam. Berkendara dengan sepeda motor warna terang, misalnya merah, putih, biru meningkatkan visibilitas bagi pengendara lain.

3.Gunakan jaket yang  cerah atau bila perlu ada pemantul cahaya. Banyak apparel yang sudah menyertakan spotlight sebagai aksesori, termasuk jas hujan.

4. Jika Anda tidak punya jaket terang, atau pakaian yang ada aksesori reflektif, sedikit proaktiflah dengan membeli stiker spotlight yang bisa dipasang pada helm, sepeda motor, atau bagian lain yang gampang terlihat.

5. Sesekali gunakan tangan untuk membantu memberi tanda agar pergerakan Anda mudah dilihat selain peranti lampu pada sepeda motor. Sebagian bikers menggunakan kaki, sah-sah saja.

6. Jika Anda dikuntit mobil atau angkot dengan jarak sangat mepet dan diperkirakan tidak ada ruang untuk bergerak di zona aman, tidak ada salahnya memainkan tuas rem untuk menyalakan lampu rem. Jika itu tidak membantu menyingkirkan mobil di belakang Anda, berusahalah sebaik munkin untuk meninggalkan lajur tersebut dan berkendara pada posisi lebih aman.

7. Bagi sepeda motor yang tidak punya fitur Automatic Headlight On (AHO), sebaiknya nyalakan saat berkendara di siang hari.

8. Efektifkan klakson. Bukan berarti Anda harus membunyikannya setiap saat, karena justru akan menimbulkan bising. Gunakan jika perlu.

Selamat berkendara aman!



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X