Kompas.com - 15/05/2013, 10:57 WIB
Honda Grom akan meluncur di AS, setelah Asia meluncur Januari silam. Honda Grom akan meluncur di AS, setelah Asia meluncur Januari silam.
EditorAris F Harvenda

Kalifornia, KompasOtomotif – Honda Amerika mengumumkan ketertarikannya menawarkan MSX125 atau sepeda motor yang disebut representasi Honda Monkey di era modern. Nantinya,”Si Monyet Mungil”ber ganti nama menjadi Honda Grom dan mulai ditawarkan Agustus nanti sebagai model 2014.

Kendati pendek dan kecil, sepeda motor ini menggunakan 125cc injeksi yang disandingkan dengan transmisi 4-percepatan, sama dengan yang dgunakanoleh Honda Wave 125i yang populer di Asia. Honda Amerika tidak menyebut detail mesin, namun Honda Jepang mengklaim, tenaga yang dihasilkan 9,7 PS @7.000 rpm dan torsi 10,6 Nm @5.500 rpm.

Rangka Mono
Mesin dicantolkan pada rangka mono (mirip deltabox), membantu sepeda motor berpenampilan ringkas ini  sanggup membawa beban banyak. Struktur rangka yang sudah dipatenkan Honda tersebut, juga membantu para insinyur Honda menyembunyikan komponen PGM-FI dan peranti elektronik lain dengan aman. Di lain hal, juga bisa menyisakan ruang untuk tangki bahan bakar berkapasitas 5,4 liter.

Tampilan mini semakin lengkap dengan pelek berdiameter 12 inci, dipasangkan dengan ban 120/70 di depan dan 130/70 di belakang. Roda depan dipasangi rem cakram dengan piringan 220 mm bersama kaliper piston ganda. Sedang belakang, juga cakram berdiameter 190 mm. Kelengkapan lain, monitior LCD multi-fungsi, antara lain speedometer dan tachometer digital. Lampu depan, tipe proyeksi sementara di belakang LED.

Dengan tinggi 755 mm dan berat 102 kg, Honda Grom diposisikan untuk remaja masa kini. Honda Amerika juga mengatakan, kalau model ini sah-sah saja digunakan para orang tua yang ingin bernostalgia. 

Honda Z Series awalnya dipasarkan ke seluruh dunia pada 1960-an. Orang menyebutnya ”monkey” atau ”gorilla” karena setangnya menjulang ke atas seperti tangan seekor kera ketika sedang menggelantung. Sampai sekarang, Z Series klasik menjadi barang langka dan diburu para kolektor, terutama di Indonesia.

Varian terbaru ini di Amerika Serikat dijual 2.999 dollar AS (Rp 29,2 juta) dengan  pilihan 2 warna, hitam metalik dan merah berkilau mutiara.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X