Januari, Honda Kuasai 58 Persen Pasar Sepeda Motor

Kompas.com - 07/02/2013, 08:08 WIB
Kenaikan DP Syariah kembali memukul industri sepeda motor nasional. Kenaikan DP Syariah kembali memukul industri sepeda motor nasional.
EditorAris F Harvenda

Jakarta, KompasOtomotif - Penjualan sepeda motor di Indonesia selama Januari 2013, hanya naik 219 unit, dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu, yaitu dari 645.863 menjadii 686.082 unit.Komposisinya, Honda 398.200 unit, Yamaha 203.051 unit, Suzuki (34.718 unit), Kawasaki (10.399) dan TVS (714). Dengan ini berarti, Honda menguasai pangsa pasar 58 persen, Yamaha 29,6 persen dan Suzuki 5 persen dan Kawasaki 1,5 persen.

Peningkatan kecil tersebut, menurut Thomas Wijaya, Wakil Manajer Umum bidang Penjualan, PT Astra Honda Motor (AHM), beberapa merek meluncurkan model baru. Selain itu, harga komoditas di luar Jawa yang mulai berangsur pulih, juga ikut menaikkan penjualan. "Akhir tahun lalu, kontribusi Sumatera terhadap penjualan nasional hanya 18-20 persen, Januari sudah naik 2 persen," beber Thomas.

Sementara itu, Johannes Loman, Wakil Ketua Umum AISI mengatakan, tiga bulan pertama tahun ini masih ada kesempatan penjualan naik batas minimal uang muka syariah belum djalankan. "Kami perkirakan,  bisa tumbuh 4 persen dari tahun sebelumnya," komentar Loman, juga Wakil Presiden Direktur Eksekutif, AHM. Sementara di luar Jawa  tumbuh 5 persen. 

Ditambahkan, penjualan akan turun lagi, setelah batas DP minimal bank syariah berlaku. "Kami perkirakan turun! Mudah-mudahan tidak terlalu besar," lanjut Loman.

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X