Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ford Pastikan B-Max Pakai Mesin 1.000 cc

Kompas.com - 03/06/2011, 15:26 WIB

DEARBORN, KOMPAS.com — Pada pameran internasional otomotif di Geneva, Maret lalu, Ford Motor Company menampilkan mesin baru tiga silinder berkapasitas 1.000cc berteknologi turbo EcoBoost. Jantung pacu tersebut sempat dipasang pada model global Ford B-Max dan satu lagi pada Ford Star yang dipamerkan di Beijing.

Kamis (2/6/2011) kemarin, FMC mengumumkan bahwa mesin barunya itu akan mengisi di balik kap B-Max dan juga menjadi portofolio terkecil Ford. Model baru ini akan dipamerkan perdana di Frankfurt Motor Show, September 2011, mengisi segmen di bawah Fiesta.

Derrick Kuzak, Ford Group Vice President of Global Product Development, seperti dilansir Autoblog (2/6/2011), memastikan bahwa Ford akan menggunakan mesin berteknologi baru ini pada produk globalnya. Bahkan untuk teknologi turbo EcoBoost akan dilengkapi pada semua model kendaraan yang dipasarkan di Amerika Serikat pada 2013. Beberapa model yang sudah menggunakan teknologi ini, antara lain, Taurus Flex, F-150, Lincoln MKS & MKT, Edge, dan Explorer.

Terkait mesin baru Ford, Joe Bakaj, Ford Vice President of Global Powertrain Engineering, menjelaskan, meski berkapasitas kecil, jantung pacu ini punya kemampuan sama dengan mesin konvensional 1.6 liter, tetapi lebih irit. Joe tak menjelaskan secara spesifik seberapa banyak penghematan bahan bakar yang berhasil diciptakan, cuma mencontohkan mirip pada mesin 3.5 liter EcoBoost V6 yang punya tenaga sama dengan mesin konvensional V8.

Selain mesin baru, Ford juga menyatakan tengah mengembangkan sistem transmisi otomatis 8-percepatan. Joe menegaskan, teknologi transmisi baru ini mampu menciptakan dinamika berkendara terbaik, menawarkan lembutnya perpindahan gigi, dan lebih responsif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com