Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hyundai Rilis Mobil Listrik Konsep Baru RN24

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini, Hyundai membuat heboh dengan dirilisnya mobil listrik konsep terbarunya, yakni RN24. Menariknya, mobil konsep tersebut punya desain yang cukup radikal.

Bagian bodinya dibuat terbuka, hanya mengandalkan kerangka dari pipa tubular. Tapi, bagian bawahnya tetap terlihat menggunakan over fender. Bagian belakangnya juga terdapat spoiler berukuran besar. Peleknya berukuran 19 inci dari i30 Sedan N.

Dikutip dari Drive.com.au, Sabtu (26/10/2024), Hyundai disebut-sebut akan membangun mobil listrik berperforma tinggi dari divisi N. Tapi, menggunakan mobil listrik dengan dimensi yang ringkas.

Selain itu, biayanya disebutkan akan lebih terjangkau dibandingkan Ioniq 5 N yang dijual dengan harga 110.000 dolar AS. Ioniq 5 N yang dipasarkan oleh PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) banderolnya mencapai Rp 1,3 miliar (OTR Jakarta).

RN24 adalah mobil terbaru yang juga dijadikan 'Rolling Labs' oleh Hyundai N. Konsep yang dimaksudkan untuk menunjukkan teknologi baru yang diperuntukkan bagi mobil produksi berperforma tinggi di masa depan.

Jika diperhatikan, RN24 seperti menggunakan basis dari Hyundai Inster. Tapi, sebenarnya RN24 memiliki dimensi yang sedikit lebih besar dan kedua model tersebut juga tidak berhubungan.

RN24 dibekali dengan dual-motor bertenaga 478 kW, seperti pada Ioniq 5 N. Kemampuan akselerasinya untuk 0-100 kilometer per jam diklaim dapat diraih dalam 3,4 detik. Kecepatan maksimumnya disebut bisa tembus 240 kilometer per jam.

Kelebihan lainnya adalah RN24 memiliki sistem Powertrain Drive Control yang terinspirasi dari mobil reli World Championship Rally (WRC). Sistem ini memungkinkan pengemudi untuk menyesuaikan tenaga yang dikeluarkan, sensitivitas pedal akselerator, mode pengereman regeneratif, dan pembagian daya antara as roda depan dan belakang.

Selain itu, pada RN24 juga dibekali dengan Rally Mode. Mode ini mampu mengoptimalkan distribusi torsi ke keempat rodanya dan e-Handbrake yang menggunakan teknologi elektrik untuk mensimulasikan rem tangan mobil reli.

Sisanya, banyak yang memiliki kesamaan dengan Ioniq 5 N, seperti kapasitas baterai, suara buatan, dan lainnya.

Hyundai RN24 tidak akan diproduksi dan Hyundai mengatakan tidak ada rencana untuk membuat Inster N. Tapi, mobil listrik N yang lebih kecil dari Ioniq 5 N akan diperkenalkan pada akhir dekade ini.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/10/26/154200115/hyundai-rilis-mobil-listrik-konsep-baru-rn24

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke