Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Alasan MG Belum Tertarik Pasarkan PHEV di Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Morris Garages (MG) memiliki plug-in hybrid electric vehicle (PHEV) yang dipasarkan di beberapa negara lain. Namun, untuk pasar Indonesia, MG memiliki alasan tersendiri mengapa belum tertarik untuk memasarkannya.

Zuo Chen, Director of Sales and Marketing Department SAIC Motor International, mengatakan, sebenarnya jika melihat portfolio, SAIC adalah salah satu perusahaan otomotif yang bisa menyediakan segala jenis powertrain.

"Kita punya ICE, kita punya diesel, kita punya HEV, kita punya PHEV, kita punya BEV. Bahkan, kita punya fuel cell (FCEV) di China. Kita punya segala jenis powertrain. Di Thailand, kita punya plug-in hybrid untuk HS," ujar Chen, kepada wartawan, saat ditemui di BSD, belum lama ini.

Chen menambahkan, alasan mengapa MG Motor Indonesia tidak memasarkan PHEV, karena akan menambahkan biaya lebih untuk manufaktur.

Menurutnya, pemerintah juga terkadang mengeluarkan kebijakan untuk mendukung atau mendorong produsen mobil untuk memproduksi mobil tersebut.

"Kita bisa mendapatkan keuntungan dari kebijakan tersebut, misalnya mendukung dari investasi. Kemudian, pada akhirnya, pelanggan akan mempertimbangkan apakah harganya menarik atau tidak. Tentu saja, kita bisa membawa plug-in hybrid di sini sekarang," kata Chen.

"Tetapi, harganya akan tinggi. Maksudnya, dari sisi ekonomi, dari sisi manufaktur, harganya tidak sepadan, karena uangnya masih kecil. Tapi, kita memiliki teknologi dari plug-in hybrid," ujarnya.

Chen mengatakan, MG akan mempertimbangkan untuk membawa produk yang paling menarik dan powertrain yang tepat, dengan skala ekonomi untuk memenuhi permintaan dari pelanggan.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/10/25/124200315/alasan-mg-belum-tertarik-pasarkan-phev-di-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke