Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Alasan Subaru 2 Kali Meluncurkan BRZ di Tahun Ini

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Plaza Auto Mega (Subaru Indonesia) baru saja merilis Subaru BRZ model year 2025 yang mendapat beberapa pembaruan.

Padahal pada awal tahun ini, tepatnya dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) yang berlangsung Februari 2024, Subaru juga telah meluncurkan model baru BRZ.

Mengapa Subaru sampai dua kali melakukan peluncuran model yang sama pada tahun ini?

Arie Christopher, CEO Subaru Indonesia, mengatakan, perusahaan selalu berimprovisasi sesuai dengan enjoyment dari pemakainya.

“Mungkin awal tahun, kami ada ubahan BRZ, akhir tahun ini kami ada improvement lagi. Kenapa? Itu adalah bentuk dari development yang akan terus menerus dilakukan oleh Subaru,” ujar Arie di Jakarta (24/10/2024).

“Karena memang Subaru very unique. Artinya improvement-improvement itu tidak akan berhenti, sesuai dengan riset dan pengembangan dari aktivitas motorsport,” kata dia.

Sementara itu, Ismail Ashlan, GM Marketing & PR Subaru Indonesia, mengatakan, pihaknya melakukan dua kali peluncuran lantaran begitu ada update model global, maka produk di Indonesia juga langsung mendapat pembaruan tersebut.

“Seperti diketahui, tim balap itu kan berjalan sesuai dengan musim balap. Dan musim balap itu berjalan secara continuous, dia tidak harus menunggu selesai. Jadi ketika ditemukan ada improvement yang bisa diaplikasikan pada produksi massal, langsung dilakukan,” ucap Ismail.

“Pengembangannya betul-betul translate dari apa yang dilakukan oleh tim balap Subaru. Contohnya pengereman akan lebih baik saat menggunakan Brembo, jadi di-update. Dan kami langsung aplikasikan, berkomunikasi dengan prinsipal di Jepang untuk market Indonesia,” ujarnya.

Sebagai informasi, pada awal tahun ini, BRZ hadir dengan piranti pengereman Brembo empat piston dengan rotor 326 mm di depan dan dua piston dengan rotor 316 mm di belakang, serta warna kaliper emas.

Perubahan tapak brake-pads, lingkar rotor, dan kaliper dari Brembo ini diklaim bisa meningkatkan kekuatan pengereman, pengemudian yang lebih presisi, dan pedal feel yang menguatkan aura sports car khas produk Subaru.

Kemudian, seluruh varian Subaru BRZ juga sudah dilengkapi fitur keselamatan Subaru EyeSight generasi ke-4, yang mencangkup Adaptive Cruise Control, Lane Sway and Departure Warning, Pre-Collision Braking System, Lead Vehicle Start Alert, dan Subaru Rear Vehicle Detection.

Adapun menjelang akhir tahun ini, Subaru kembali memperbarui BRZ. Pertama dengan sistem EPS (Electronic Power Steering) yang lebih lembut pada putaran mesin rendah dan lebih responsif pada kecepatan tinggi.

Kedua, suspensi baru yang telah di-fine-tuning untuk meningkatkan rebound dan feedback dari jalan. Ketiga, penambahan SPORT mode pada varian manual untuk respons torsi yang lebih instan.

Keempat, pengaturan ulang Active Sound Control untuk memberikan sensasi berkendara lebih mendebarkan.

Terakhir, rentang kecepatan mesin yang lebih lebar saat downshift pada transmisi otomatis, memungkinkan manuver yang lebih cepat di tikungan.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/10/24/182100015/alasan-subaru-2-kali-meluncurkan-brz-di-tahun-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke